Asal-Usul Penduduk Sangihe Talaud (versi Buku Suendumang)

Bila ditelusuri dari asal-usul keturunannya atau yang disebut silsilah, maka nenek moyang penduduk daerah Sangihe Talaud semuanya berasal dari tempat lain yang datang melalui lautan, lalu menetap di daerah tersebut, mereka adalah:

  1. Ras Apapuang (yang paling awal), konon ceritanya berasal dari Bangsa Negrito;
  2. Ras yang berasal dari Saranggani, Mindanao Selatan;
  3. Ras dari daratan Merano, Mondanao Tengah;
  4. Ras dari Kepl. Sulu (sebagian kecil adalah raksasa);
  5. Ras dari Kedatuan Bowentehu + Manado Tua, dimana ras ini berasal dari Molibagu (Bolangitam).

Dari kelima ras diatas, hanya ras no. 1 dan no. 5 yang suka perdamaian, sedang ras no. 2, 3 dan 4 termasuk ras yang gemar berperang. Namun demikian sesuai keyakinan, mereka enggan memulai tapi bersifat menunggu, nanti membalas serangan yang datang dari lautan, utamanya musuh bubuyutan dari bajak-bajak laut dari Kepl. Sulu.

Selain itu para leluhur, suka hidup bertolong-tolongan (métawang/makitawang), suka bekerja gotong-royong (métatondong munara), patuh pada perintah pimpinan asalkan jangan ditekan, gemar berdendang sementara berperahu (mésambo), berdendang sambil mencukur kelapa untuk dibuat minyak kelapa (mékalumpang), berdendang sambil menuai kebun padi ladang dan gemar sekali minum tuak atau saguer.

Jika terjadi pertikaian berdarah antara penduduk di daerah pada waktu itu, hal itu kebanyakan dipicu oleh pembalasan dendam atau menuntut bela. Contohnya

  1. Datuk Makaampo-Bawengehé sebelum jadi raja/datu di Kedatuan Tawukang-Dimpulaeng, kira-kira tahun 1520 pergi menyerang penduduk pulau-pulua Nanusa, karena orang-orang pulau Nanusa-Talaud, menangkap dan membunuh Tangkuliwutang (ayahnya), yang sementara memancing di sekitar Rainis, karena Naboisan ibu Makaampo dengan Panurat adiknya berdiam di Rainis.
  2. Pertikaian berdarah antara kerajaan Tahuna dengan kerajaan Manganitu yang dimulai tahun 1645, merupakan sengketa batas kerajaan.
    Buntuang raja Tahuna ke-2 memindahkan kubunya dari Bukide ke gunung Séhengbalira, padahal Séhengbalira waktu itu adalah wilayah Manganitu.
    Tolo pendiri kedatuan Manganitu gugur karena dikhianati oleh Alahungbeli (budak raja Tolo sendiri), yang jadi kaki tangan raja Tahuna. Sedangkan dari kerajaan Tahuna, Hulubalang Pulungtumbagé dapat dikecoh oleh pendekar Lantemona, lalu jatuh tenggelam dalam rawa yang dalam, sampai rambutnya tidak nampak dari permukaan rawa Manganitu, yang sampai sekarang disebut Bonohangsaghu.

35 tanggapan untuk “Asal-Usul Penduduk Sangihe Talaud (versi Buku Suendumang)

  1. saya mau mencari keluarga kakek saya yang bermarga TEODORUS,,,,,,,, bisa mintabantuannya

    Suka

  2. saya juga keturunan dari sangihe,, marga ibu saya MANDIANGAN,, tapi ayah saya dari tanah jawa.. tepatnya jawa barat,..
    thanx 4 ulasannya tentang sangihe..

    Suka

  3. Kok saya pernah dengar cerita mistis di sangihe talaud ya, tolong di ulas dong.

    Suka

  4. terima kasih untuk informasi di tulisan ini. Surprise juga ada fam keluarga saya dalam tulisan ini.

    Suka

  5. sejarah,budaya prlu di gali lagi,krna masih banyak sejarah dan budaya sangihe yg kita tidak tau,apalagi anak anak jaman sekarang banyak yg tdk tau tentang budaya daerah nya sendiri, kalau menurut saya buatkan kurikulum pemdidikan sejarah,budaya,bahasa sangihe untuk anak sekolah.agar budaya kita tdk akn tenggelam oleh perkembangan jaman.

    Suka

  6. Saya hanya ingin Tau. Turunan ADIPATI di Sangir dan ADIPATI di tanah jawa yg ada kesamaan pada Keturunan ADIPATI apakah ini hanya kebetulan saja Turunan ADiPATI ada banyak di tanah jawa juga . Terima kasih Bila ada yg kasih komentar tentang SILSILAH dari ADIPATI

    Suka

  7. blh bergabung….
    kalau oma dari papa saya margax MANANGKALANGI..,namax Anchi Manangkalangi, oma saya merantau diPapua Raja Ampat dan sekarang menetap diSorong…,tp skrg oma saya uda meninggal waktu saya msh kecil..,sampe skrg saya belum pernah pulkam kekampung oma sy..,dan juga saya tidak th apakah keluarga dr om saya masih ada..,mgkn sudara2 samua bisa bantu menjelaskan ttg Silsila dr Marga oma saya….

    Suka

  8. hai..kakek saya marganya Sanggelorang..saya cari sejarahnya kok tidak ada ya..tolong dong..berdasarkan info yang saya ketahui marga tersebut berasal dari kep.sangihe..benar tidak ya?

    Suka

  9. Menurut cerita papa saya, kami asal manganitu. mulai dari opa, sampai saya lahirnya di daerah minahasa, dan sampai saat ini saya blum pernah ke manganitu. saya bermarga KATIANDAGHO. saya minta tlg info asal usul KATIANDAGHO….!! makasih sblumnya god bless u…….

    Suka

  10. nama sya axel ,saya bermarga malaganda -waloni ,,,
    saya mau minta tolong ,,,,mencari malaganda di sgihe talaud
    terima ksih,

    Suka

  11. hallo, nama saya Amelia Sario Tamawiwy……papa saya asli Talaud Ricardo Sario Tamawiwy….
    dan keturunan langsung dari raja talaud….dari opa metusalah….

    Suka

  12. Saya harol Bawole dan istri saya Mientje Meity Runtu (manado,Koha)kami terdampar dikalimantan barat di Bengkayang pd thn 1986 sampai sekarang 2013,tlg kontak apabila ada yang masih tersangkut keluarga (kami berdua)

    Suka

  13. Halo semuanya, saya lahir di jawa, tapi opa bilang, buyut saya dari sangihe talaud, fam kami Manalif, papa dan mama nani saya Mabuka, yang banyak cerita soal sangir adalah mama nani saya, penasaran dengan asal usul moyang saya coba search di google, dan ketemu nama – nama marga Sangir, diantaranya fam keluarga saya yaitu Manalif, tapi di wikipedia penulisannya Manalief, jadi sedikit bingung, Manalief atau Manalif?? Mohon donk ulasan ulasan soal sangirnya diperbanyak, melihat banyaknya nama fam/marga dari sangir, dan banyaknya keturunan – keturunan sangir yang hidup diluar sangihe talaud dan ingin mencari tahu asal – usul mereka, seperti saya. Tks, GBU.

    Suka

  14. saya esli (eli) bala, saya ingin tahu asal usul marga bala..keluarga saya dr kelurahan kolongan mitung- tahuna, karena banyak kalangan bahwa bala berasal dr daerah flores.

    Suka

  15. sayalom… saya marga Tulumang..saya sedang membuat aplikasi mulok untuk daerah sangihe.. saya butuh buku tampungang lawo, apakah ada soft copynya n boleh di upload..aplikasi ini sya buat dilengkapi dengan kamus bahasa daerah Sangihe.

    Suka

  16. Menarik sekali…..
    Banyak orang sudah melupakan asal usul atau tidak mau tahu tentang nenek moyangnya, tapi dari penuturan teman teman mrmbuktikan bahwa masih ada suatu tanda tanya ttg siapa dirinya.
    Benar, bahwa banyak narasumber bisa bercrrita ttg sejarah, namun prrlu diketahui yaitu cerita dan waktu srring tidak sinkron.
    Saya memegang salinan buku tulisan tangan silsilah katiandagho rompis dari manganitu, dan dlm buku itu tercantum hemalinge sbg nama yg tetcatat pertama, kl di hitung, kira2 lahir thn 1190 m. Dan ketika dikroscek dg penanggalan pemerintahan kepala desa atau raja atau datu, maka silsilah tersebut bisa dipercaya.
    Jadi kita mestinya mengikuti logika waktu dari penuturan narasumber, mengarahkan pikiran pada legenda sbg penuntun tetapi terutama mengecek kesesuaian nama dg dokumen milik pemerintahan kolonial, shhg menghasilkan sejarah yg jitu.
    By
    Jayatirta irano colly
    Anak dari ibu alice ahungbasing rompies
    Anak dari pasangan melanchton ungkedio rompis dg magdalena katiandagho
    Tinggal di tobelo halmahera utara

    Suka

  17. Hai salam kenal, saya Setiabudi Junus, Saya tinggal di Karawang Jawa barat, ayah saya lahir dan asli sangir keluarga Yunus – Makahanap, asli Manganitu, Untuk Utho Dago.. Nama Kathiandago seingat saya masih dekat sekali berkarabat dengan keluarga Yunus, dahulu pernah saya 1 kali ke sangir / Manganitu dan sempat ketemu dengan Oma Tante etty ( kalau tidak salah ) , mudah sekali mencari dan menemukan keluarga Katiandago di Manganitu Sangir.

    Suka

  18. Terima kasih buat artikel ini. karena saya putra asli Sangihe, tapi lahir dan besar di Jakarta, jadi informasi seperti ini sangat berguna.

    Suka

  19. Menurut pandangan saya,melihat perkembangan keturunan sangihe,dan asal usul Raja Manado tua pertama di kerajaan Bowongtehu,DOLODA LOLODA MOKOAGOW ATAU MOKOAGO,RAJA MANADO ITU BERASAL DARI SANGIHE.SEBELUMNYA MANADO MENGABDI PADA KERAJAAN RIMPULAENG SANGIHE. INI SUDA DI BUKU SEJARAH RAJA RAJA TAMPUNGANGAN LAWO,DAN CERITA RAYAT SANGIHE,YANG DI CERITAKAN HARINDA,DAN DI TULIS OLE ADRIAN.KECUALI DI MANADO TUA ORANG WOLANGITANG KAWIN MAWIN DENGAN ORANG SATAL,ITU HUNI MANADO TUA,ITU BENAR.TETAPI KALAU MANADO TUA KESANGIHE DI JAMAN PURBAKALA ITU CERITA LEMAH JIKA DI TELUSURI.ada teman bertanya marga Fam SANGELORANG,itu banyak di Sangihe,di Pulau Toade Nane berhadapan Petta Likuang,Naha TabUt Sangihe.banyak marga itu di Sangihe hanya orang tidak memahami atau belum mencatat.di Kuma,di Peta di Gunung Bowongkulu Manumpitaeng ada juga.berhubungan mereka termasuk saudara saya juga.

    Suka

  20. Mandalika itu bahasa sangihe.kalau bahasa indonesianya,adalah Mustika.orang tua kalau berpesan dari Sangihe asal Marga Fam mandalika,berarti benar dari Sangihe asalnya.

    Suka

  21. hallo saya suka dengan artikel ini.. diatas juga ada yang komentar mengenai marga adipati.. oma saya bermarga adipati dan saya inggin lebih kenal dengan banyak marga adipati saya di tanggerang.. buat yang bermarga adipati please contack aku di 081310674150 atau email. grease.stempet@gmail.com

    Suka

  22. Yanuar Manalief, Neh Saya Althur Lambert Manalief, Nama Manalief ini Dr Opah Saya, Namanya Ho Kutae / Ho Guntae, Opah Kita bersaudara ada 12, nah Opahnya Papa Kita itu ( Moyang), Dr Kuantong Asli dr China, Nah Bapa moyang Kita pnya 2 istri, yg 1 dr Manalief yang 1 lg Dr Ho, Jadi Kita ( Manalief ) Blessteran , China and Sanghie

    Suka

  23. Selamat malam. Saya mencari asal fam palio. Karena dari orang tua opa saya yang laki2 lahir di sangihe bermarga Palio. Tapi saat di telusuri susah sekali mencari fam palio. Jika ada info, tolong di bantu. Terima kasih.

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.