Tag

, ,

Sejarah musik intrument tidak bisa lepas dari kultur budaya manusia. Suara manusia mungkin bisa dikategorikan sebagai intrument musik paling awal, yang selanjutnya mempengaruhi bentuk dari instrumen musik selanjutnya. Kebanyakan intrumen musik mula-mula muncul pada periode Paleolitikum Atas.

1. Instrument Perkusi [165,000 tahun lalu]

Image Source

Instrumen perkusi dapat berupa alat apa saja yang dapat memproduksi suara dengan berbagai cara, digoyang, ditepuk, digesek, atau dengan apa saja yang dapat menghasilkan getaran. Perkusi dapat terbuat dari batu, tangkai, karang yang kemudian secara perlahan mengalami evolusi bentuk dan designnya sehingga menghasilkan suara yang lebih baik.

2. Flute [67,000 tahun lalu]

Image Source

Waktu yang pasti dari kemunculan instrumen Flute masih merupakan perdebatan.  Pada Juli 1995, Arkeolog Slovenia, Ivan Turk menemukan  ukiran pada tulang di daerah Barat Laut Slovenia. Ukiran itu bernama Divje Babe Flute, yang terdiri dari 4 lubang, yang oleh Bob Fink (seorang ahli musik Canada) ditetapkan sebagai nada untuk skala diatonik. Instrument musik ini juga indentik dengan kultur Negeri Belanda.

3. Mammoth Ivory Ice-Age Flute [43,400 tahun lalu]

Image Source

Instrumen musik ini ditemukan oleh arkeolog Jerman. Panjangnya sekitar 18,7 cm, yang terbuat dari gading Mammoth, yang terdiri dari 3 lubang yang dimainkan dengan jari dan memiliki nada yang kompleks. Flute ini ditemukan sebanyak 31 buah pada Gua Geißenklösterle di pengunungan dekat Ulm, Jerman Selatan.

Rekaman suara dari Flute ini dapat didengar pada link ini

4. Drum Kulit Gajah [37,000 tahun lalu]

Alat musik drum paling awal diketahui sejak 30.000 tahun lalu, yang terbuat dari kulit binatang yang direnggangkan.  Penelitian menunjukkan bahwa kulit gajah telah digunakan sebagai bahan drum sejak masa Es Antartika.

5. Pan pipes [30,000 tahun lalu]

Pipa tiup ini diketahui sejak 30.000 tahun lalu, yang terbuat dari bambu atau rotan besar.  Pan Flute merupakan nama lain yang diberikan oleh dewa Yunani yang diasosiasikan dengan nama syrinx.

6. Bullroarer [17,000 BC]

Bullroarer atau rhombus atau turndun merupakan instrumen musik yang dipakai pada upacara ritual untuk berkomunikasi dengan “dunia lain”.  Alat musik ini muncul pada periode Paleolitikum, ditemukan di Ukraina sejak tahun 17.000 SM.

7. Rattle [11,000 BC]

Image Source

Rattle merupakan instrumen musik yang terbuat dari tongkat yang berlubang dan diisi dengan pasir atau batu-batu kecil. Ketika digoyangkan, akan menimbulkan ritme nada yang bersifat repetisi dan warna nada berisik serta kesan kering.

8. Slit Drum [7,500 BC]

Image Source

Slit drum diketahui sejak tahun 75.000 SM, yang terbuat dari batang kayu yang dipotong, dilubangi dan dibakar dan terdiri dari 2 bagian. Slit drum berbentuk serupa huruf “H”.

9. Cuneiform Tablet [2,000 BC]

Image Source

Instrumen musik ini berasal dari Nippur di Irak yang diketahui sejak tahun 2000 SM. Alat musik ini juga dikenal dengan nama lyre (lira) yang diketahui sebagai alat musik paling awal yang telah memiliki contoh notasi.

10. Xylophone (2000 BC)

Gusikow’s ‘wood and straw xylophone.

Image Source

Menurut bukti Perpustakaan Vienna Symphonic menunjukkan xylophone berasal dari tahun 2000 SM yang ditemukan di Asia Tenggara, dan alat ini pada umumnya juga ditemukan di China.

(Diterjemahkan secara bebas dari: Smashinglist)