Tag

, , , ,

bayidanbidanSumber: Shutterstock

(Tulisan ini merupakan hasil kerja Kelompok Manado I, saat Workshop Data Driven Jounalism di Ternate, 3-5 Maret 2017, dan menjadi yang terbaik)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara agaknya harus kerja keras untuk menekan angka kematian bayi di daerah ini.  Merujuk data bidang kesehatan Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut tahun 2012 , masih ada empat kabupaten kota dengan angka kematian bayi di atas angka ideal sesuai target Millenium Development Goals (MDGs), 23 kasus per 1.000 kelahiran.

Empat daerah tersebut, Minahasa Selatan dengan 37 kasus , Kota Manado 31 kasus, Minahasa Tenggara (Mitra) 29 kasus dan Kota Bitung 27 kasus.

Lihat Grafik (link)

Ratio Bidan Sulut per 10.000 Penduduk

Angka-angka ini menunjukkan adanya kontradiksi karena rasio jumlah bidan dan jumlah penduduk di empat daerah tersebut jauh di atas angka ideal nasional, 23 bidan per 10.000 penduduk.

Minsel misalnya dengan rasio bidan 71, tiga kali lipat dari rasio ideal.  Demikian pula Kota Manado. Ibu Kota Manado dengan rasio bidan 57, Mitra 52 dan Bitung 47.

Fakta ini juga menunjukkan ironi. Mengapa? Empat kabupaten kota ini relatif lebih baik dari sisi tingkat ekonomi, pendidikan, infrastruktur. Dari sisi fasilitas layanan kesehatan, Manado, Bitung dan Mitra relatif lebih baik dibanding kabupaten kota lain di Bumi Nyiur Melambai.

Lihat Grafis Dinamis

Angka Kematian Bayi di Sulut Tahun 2012

Bandingkan dengan tiga kabupaten dengan dengan angka kematian bayi terendah di Sulut, Bolsel, Bolmong dan Sangihe. Ketiganya merupakan daerah perbatasan dan kepulauan. Tercatat, angka kematian bayi di Bolsel, enam kasus, Bolmong lima kasus dan Sangihe tiga kasus. Agaknya, kondisi ideal jumlah bidan bukan jaminan angka kematian bayi turun.

Banyak factor penyebab masih tingginya angka kematian bayi. Satu diantaranya kurangnya pengetahuan ibu mengenai pentingnya kesehatan kehamilan. Masalah ini biasanya terjadi di daerah dengan banyak masyarakat kurang mampu. (*)

Tampilan berbeda dapat dilihat di: http://ronnybuol.silk.co/page/Bidan-Ideal-Bayi-Tetap-Meninggal

(Hasil kerja Yoseph Ikanubun, Fernando Lumowa, Agust Hari, Ronny A Buol)

Iklan