BABULLAH

img_20170119_084532-01
#19~365

Bandara Sultan Babullah di Ternate teletak di tepi pantai dengan latar Gunung Api Gamalama yang sangat aktif. Sehingga bandara ini sering ditutup saat Gamalama erupsi.

Babullah adalah nama dari sultan terkenal sepanjang sejarah Kesultanan Ternate. Dia dianggap mampu mengusir Portugis dari wilayahnya. Sultan Ternate ke-24 yang berkuasa antara tahun 1570 – 1583 ini juga melakukan perluasan wilayah Kesultanan Ternate hingga dijuluki penguasa 72 negeri atau pulau. Konon kekuasaannya sampai ke pulau Marshall di Lautan Teduh.

Makam Sultan Babullah terletak di kaki gunung Gamalama. Menuju makam Sultan disuguhi pemandangan pohon pala dan cengkih. Dua komoditas yang membawa rahmat sekaligus petaka bagi rakyat Maluku di masa lalu. Karena dua pohon itulah bangsa Spanyol, Portugis, dan Belanda berebut menguasai Maluku. Sultan Babullah sendiri dimakamkan di bawah pohon momo yang besarnya sekitar tiga pelukan orang dewasa.

Saya ke sini lagi, untuk assisment awal tahun di Maluku Utara.

#jurnal_rb #ternate #maluku #maluku_utara #airport #bandara #gamalama #airplane #flight #trip #merasakanindonesiamu #xpressair

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s