Tag

, , , , , ,

16
#16~365

Ayub (22), pagi tadi menemani tentenya Rusye Kasehung (40) mendatangi Instalasi Radiotheraphy Centre di RS Prof Kandouw Malalayang. Mulai hari ini Rusye akan menjalani terapi penyinaran sebanyak 25x karena diagnosa kanker serviks yang dideritanya sejak beberapa waktu lalu.

Bersama suami dan anak-anaknya, Rusye menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (lebih akrab disebut BPJS) melalui fasilitas Kartu Indonesia Sehat. Rusye bersama keluarganya tinggal di pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro.


Pada awal Desember lalu, dia dirujuk ke Manado karena rumah sakit di Siau tidak mempunyai fasilitas penyinaran. RS Kandouw pun baru punya sejak Oktober tahun lalu. Sebagaimana peserta BPJS lainnya yang tinggal di kepulauan, Rusye harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk tiket kapal laut, dan biaya hidup selama di Manado. Dia dan suaminya mengontrak sebuah kamar kost di Krida, Malalayang. “Tapi ini mau cari tinggal di rumah keluarga dulu, ongkosnya mulai terasa berat karena tiap hari harus ke rumah sakit untuk disinar,” ujar Ayub.

Rusye, adalah salah satu tokoh dalam film dokumenter yang sedang kami garap mengenai Jaminan Kesehatan Nasional di 6 provinsi. Saya kebagian di Sulawesi Utara sebagai peserta fellowship film dokumenter hasil kerjasama DJSN, FES dan AJI.

Dibantu videografer Hermondo dan John, kami dalam proses tahap akhir pengambilan gambar di RS Prof Kandouw Malalayang. Sesudahnya Tim Watchdog akan menangani post processing film ini hingga siap dipublikasikan.

Film ini diharapkan mampu memberikan sedikit gambaran dari berbagai masalah Sistem Jaminan Kesehatan Nasional. Saya bersama Hermondo dan John, telah mendatangi beberapa lokasi di Siau guna keperluan pengambilan gambar, termasuk pergi ke Puskesmas di bagian Utara dan ikut dalam perjalanan Rusye saat dirujuk dan menggunakan kapal laut.

Tak terbayang berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh Rusye selama proses kesembuhannya, jika tidak terdaftar dalam JKN (BPJS).

#jurnal_rb #bpjs #aji #movie #video #film #filmdokumenter #documenter #document

Iklan