Tag

, , , , , , ,

Jengki

#7~365

Sebuah perahu seolah menjadi leader bagi perahu lainnya yang tertambat di kawasan Pelabuhan Manado, yang terletak di bagian Barat Kelurahan Calaca, Kecamatan Wenang.

Menurut catatan, kawasan ini dulunya merupakan muara Sungai Tondano yang sebenarnya. Belanda kemudian menimbun muara ini dan memindahkan aliran muara Sungai Tondano ke lokasi sekarang di sebelah Pasar Bersehati di bagian Utara. Muara baru itu disebut Muara Jengki. Jengki bermakna penampilan baru. Muara baru.

Lokasi sekarang sering pula disebut “bendar”, dari kata bandar, yang artinya pelabuhan. Orang Manado masih banyak menyebut tengara kedua lokasi ini dengan sebutan “mo pi bendar kong trus ka jengki”.

Padatnya pemukiman di sekitar Muara Jengki memberi kontribusi bagi tingginya volume sampah yang terbuang ke aliran airnya. Perilaku warga yang bermukim di sepanjang DAS Tondano juga menyumbang permasalahan lingkungan bagi muara yang langsung mengalir ke Teluk Manado ini.

Jengki merupakan bagian dari Sungai Tondano. Material sendimentasi di Teluk Manado diduga ikut memberi sumbangan bagi laju kerusakan terumbu karang di Bunaken.

Jengki, Bendar, DAS Tondano dan Bunaken akan menjadi objek liputan mendalam saya dalam tiga bulan kedepan, untuk sebuah laporan majalah ilmu pengetahuan.

#jurnal_rb #sungai #river #sea #laut #ocean #lingkungan #nature #jengki #manado #visitmando #pelabuhan #perahu #boat #bunaken #port #environment #merasakanindonesiamu

Iklan