Tag

, , , , , , , , , , ,

rumah kopi kawangkoan

#5~365

Tiga orang tua ini merupakan bagian dari para lelaki Kawangkoan yang punya kebiasaan mendatangi rumah kopi kala pagi dan sore hari. Mendatangi Kawangkoan di Minahasa tak lengkap jika tak mampir mencicipi Biapong (Bakpao khas Kawangkoan) dan menyecap kopinya. Di sini terdapat beberapa kedai kopi legendaris, seperti Kedai Kopi Gembira, Kedai Kopi Sarina dan Kedai Kopi Toronata.

Biapong mulai dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang saat kedai kopi-kedai kopi dibuka oleh para pendatang Tionghoa di Manado. Tahun 1945, Alfred John Supit, pemuda asal Kawangkoan pergi merantau ke Manado dan bekerja di sebuah kedai kopi milik orang Tionghoa. Selama 3 tahun bekerja, Alfred belajar membuat biapong. Usai menikah pada 1950, Alferd membuka sendiri usaha rumah kopi dengan hidangan khas Biapong Kawangkoan dan kopi pilihan. Hingga kini Toronata (Tountembouan dapat berarti manfaat kita bersama) tetap eksis lebih dari 60 tahun.

Catatan lain menyebutkan keberadaan Kedai Kopi di Kawangkoan sudah ada sejak 1946 saat Ipthae Hang mendirikan kedai kopi sebagai tempat istirahat para pedagang dari Kotamobagu turun ke Manado. Kotamobagu adalah daerah penghasil kopi jenis robusta yang memiliki aroma khas. Jalur Kotamobagu-Manado memang cukup melelahkan karena harus melewati Ratatotok, Langowan, Tompaso, Kawangkoan dan Tomohon.

Tentu Kawangkoang juga tak sekedar Biapong dan Kopi. Kacang Kawangkoan yang khas dan ragey (daging babi panggang yang disate) adalah kuliner yang tak kalah menggoda.

#biapong #bakpao #kawangkoan #minahasa #kuliner #culiber #kedai_kopi #kopi #coffe #jurnal_rb #wisata_minahasa #travel #wisata #merasakanindonesiamu #vacation #visiting #instatravel #instago #instagood #trip #holiday #photooftheday #fun #travelling #tourism #tourist #instapassport #instatraveling #mytravelgram

Iklan