Tag

, , , , , , , , , ,

PUTRI-BUNGA

Tomohon merupakan salah satu kota yang selalu dituju oleh para pejalan jika sedang berada di Sulawesi Utara. Kota yang berada di ketinggian ini menawarkan hawa sejuk dibandingkan dengan Manado.

Kami mencoba merangkum 7 alasan anda harus mengunjungi Tomohon. Berikut catatatannya.

1. Gunung Berapi

Kota Tomohon diapit oleh dua gunung berapi, gunung api Lokon yang terus aktif dan gunung api Mahawu yang sudah tidak erupsi. Lokon bahkan menjadi ikon kota Tomohon dengan kawah Tompaluan-nya yang terus mengeluarkan asap.

Sesekali, Lokon erupsi melontarkan material vulkanik. Tetapi justru karena material vulkanik itulah Tomohon dianugerahi dengan tanah yang subur. Bagi pejalan yang mempunyai hobi mendaki gunung, Lokon dapat didaki hingga mendekati bibir kawah, asal dalam status tidak berbahaya.

KAWAH-MAHAWU

Sementara Mahawu, sangat aman didaki. Pengelola kawasan hutan lindung Mahawu, bahkan telah membuat tangga hingga ke bibir kawah Mahawu.

Dari kedua gunung ini, pemandangan indah kota Tomohon dapat dinikmati. Bahkan jika berada di Mahawu, teluk Manado dan pulau-pulaunya terlihat dengan sangat jelas. Di Mahawu, masih terdapat berbagai jenis burung endemik Sulawesi.

2. Kota Bunga

Kota Tomohon dikenal pula sebagai salah satu kota penghasil bunga terbesar di Indonesia. Sebagian warga Tomohon, menggantungkan penghasilan mereka dari bertanam bunga.

Pejalan dapat menjumpai berbagai jenis bunga segar yang dijual di warung-warung di tepi jalan Kota Tomohon. Dan dapat pula mengunjungi lahan tanaman bunga di kaki gunung Tomohon. Karena produksi bunganya yang sangat banyak, pemerintah Kota Tomohon menggelar Festival Bunga setiap bulan Agustus.

Festival yang juga diikuti perwakilan dari berbagai daerah dan negara lain itu, selalu dipadati puluhan ribu pengunjung. Parade kendaraan hias dari bunga menjadi atraksi utama saat festival bunga digelar.

Namun berbagai atraksi lain seperti fashion flower carnaval juga disajikan. Pameran tanaman bunga menjadi agenda pula dalam festival itu.

3. Senyum Manis

Pergi ke Tomohon adalah garansi mendapatkan senyuman dan keramahan khas orang Minahasa. Warga Tomohon ramah menyambut siapa pun tamu yang datang.

Keramahan orang Tomohon sejalan dengan budaya ‘mapalus’ atau gotong royong mereka.

TARIAN-MINAHASA

Anda tak perlu sungkan bertandang ke Tomohon. Bahkan jika anda baru pertama kali mendatangi kota yang bersih ini, penduduk Tomohon selalu memberikan sapaan dengan ketulusan mereka.

Perempuan Tomohon, sebagaimana halnya orang Minahasa, dikenal juga karena kecantikan mereka.

4. Holtikultura

Dengan kelimpahan alam yang subur, warga Tomohon sebagian besar menggantungkan hidup mereka dari bertani tanaman holtikultura. Pergilah ke Rurukan, sebuah desa dengan lahan pertanian yang subur dan pemandangan yang indah.

Kombinasi lahan pertanian di punggung-punggung bukit dan hawa yang sejuk menjadikan Rurukan sebagai destinasi wajib untuk didatangi saat berada di Tomohon.

AGROWISATA-RURUKAN

Di lokasi ini juga terdapat dua tempat yang disediakan sebagai lokasi pandang yang sangat bagus melihat Danau Tondano, Kota Bitung dan Kota Manado.

Selain di Rurukan, banyak lokasi lainnya tersedia di Tomohon untuk menikmati pemandangan lahan pertanian yang asri.

5. Danau Linouw

Danau Linouw dengan variasi permukaan airnya yang berwarna-warni merupakan destinasi wajib lainnya untuk disambangi di Tomohon. Danau yang mengandung belerang ini menawarkan eksotika tersendiri. Sediakan baju hangat, apalagi saat sore menjelang malam.

Suasana alam yang asri dan hawa dingin siap menyambut anda di Linouw. Segeralah minum kopi dan pisang goreng plus dabu-dabu yang disajikan, sambil memandangi ratusan bebek yang berenang di permukaan danau.

LINOUW-AGUSTUS2016

Dekat dari danau ini, terdapat lokasi pemandian air panas Lahendong. Di antara pohon pinus dan uap belerang, anda akan menikmati sajian yang berbeda. Lahendong memang menjadi salah satu titik panas bumi di Tomohon.

6. Pasar Tradisional

Pergi ke Tomohon tanpa menyambangi Pasar Tradisional Tomohon belumlah lengkap. Pasar yang berada dekat dengan terminal ini menyuguhkan sesuatu yang berbeda.

Di pasar utama warga Tomohon ini, anda dapat menjumpai para pedagang menjajakan daging satwa yang tak lazim. Sebut saja, tikus ekor putih yang dibakar, anjing, kelelawar, ular, bahkan kadangkala biawak dan berbagai jenis hewan lainnya yang tak pernah anda bayangkan sebelumnya.

0707MENJELANGPENGUCAPA_thumb.jpg

Tentu anda tidak diminta untuk mencicipinya, kecuali kalau anda tak berpantang halal dan penyuka kuliner ekstrem. Beberapa warung makan menyajikan olahan daging tersebut yang siap disantap.

7. Keberagaman

Walau warga Tomohon dominan penganut agama Kristen, tapi keberagaman kepercayaan terjaga dengan rukun di Tomohon. Menara bangunan gereja memang sangat mendominasi kota yang religius ini.

Namun bangunan masjid bagian jejak sejarah kedatangan Islam di Minahasa dapat ditemui di Kinilow. Begitu pula Pagoda Ekayana sebuah vihara berlantai 9 di Kelurahan Kakaskasan Dua malah menjadi salah satu ikon wisata Tomohon.

PAGODA-TOMOHON

Bukit Doa tentu menjadi sebuah destinasi yang juga wajib disambangi. Dari lokasi yang sangat luas ini, pengunjung dapat menikmati panorama gunung api Lokon dengan sangat indahnya.

Keberagaman dan keserasian penduduk Tomohon dengan sesama umat lainnya serta lingkungan dan alamnya, menjadikan Tomohon wajib didatangi.

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di Kompas.com pada edisi, 12 Agustus 2016:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/12/203100127/ini.7.alasan.anda.harus.datang.ke.tomohon