Tag

, , , , , , , , , ,

 

Minggu, 17 Februari 2013 merupakan hari kelabu bagi Warga Manado. 52 Kelurahan di 7 Kecamatan terendam banjir. Ribuan warga harus diungsikan.  Hingga Senin (18/2) tercatat ada 15 warga tewas akibat tertimbun tanah longsor dan terseret arus banjir.

Pagi kemarin, saya ikut berjibaku dengan Tim Penyelamat dari Pasukan Marinir TNI AL mengevakuasi warga yang terjebak banjir di beberapa lokasi. Dalam beberapa kali evakuasi, perahu karet yang kami tumpangi harus berjuang keras melawan kuatnya arus banjir hasil luapan Kali Jengki. Salut buat anggota Marinir yang dengan cekatan dan penuh dedikasi bekerja dengan segenap kemampuannya menjemput warga yang terjebak banjir.

Dalam album ini saya bagikan foto-foto evakuasi warga di Kelurahan Ketang Baru, Kecamatan Singkil. Mereka yang rumahnya berada di dekat bentaran Kali Jengki, hanya bisa pasrah ketika air naik setinggi lebih dari 2 meter. Bertahan di ketinggian merupakan pilihan.
Tim Penyelamat harus menjemput mereka dari atap-atap rumah dengan mempertaruhkan keselamatan. Lorong-lorong sempit menyulitkan usaha penyelamatan. Tak jarang beberapa Tim Penyelamat tertusuk benda tajam.

Bencana itu datang, saatnya kita mengoreksi diri. Foto-foto ini saya bagikan dengan FREE ROYALTY, silahkan digunakan dan dibagikan.