Tag

, , , , , , , , ,

18 

Ditengah keprihatinan kurangnya perhatian pemerintah terhadap aset-aset bernilai sejarah, Ratman Asrar tampil dengan kepedulian merawat koleksi benda-benda bersejarah.

Benda-benda bersejarah yang sebagian besar merupakan warisan kakeknya ini terpelihara cukup baik di rumahnya di daerah Tuminting. Ratusan foto Sulawesi Utara pada zaman dulu seolah menjadi lembaran sejarah yang bercerita.

Juga masih terdapat banyak rol film yang belum sempat dicetak. Demikian pula manuskrip, uang kertas, koin, piringan hitam, majalah, koran,dan barang berharga lainnya. Semuanya bernilai sejarah.

Ratman Asrar sehari-hari bekerja sebagai Fasilitator PNPM. Dia punya kepedulian yang tinggi terhadap koleksi barang bersejarah Sulawesi Utara. Ketika didatangi di rumahnya pada Kamis (17/05), Ratman memperlihatkan ratusan koleksi keluarganya yang terpelihara dan terjaga rapi.

"Saya merasa terpanggil untuk terus memelihara barang-barang ini, sebagai saksi sejarah Sulawesi Utara," ungkap Ratman. Terdapat pula koleksi kamera yang dipakai kakeknya ketika memotret Kota Manado pada tahun 1900an. Salah satu kamera yang dimaksud adalah Yasica Mat-124G yang masih berfungsi dengan baik. Demikian pula dengan kamera Olympus Trip-35 yang juga masih berfungsi.

Ratman berharap ada pihak terkait yang bisa membantu kepeduliannya ini, terutama mereproduksi beberapa negatif film yang sampai saat sekarang belum tercetak.
"Ini ada foto Pasar Cita pada tahun 1952," Ratman menunjukkan sebuah foto lama yang menggambarkan keramain Kota Manado pada tahun 1952.

Berikut beberapa koleksi Ratman Asrar yang diabadikan oleh Fotografer Hermondo Kasiadi.

1Kamera Kuno yang masih berfungsi dengan baik.

 

2Koleksi Perangko Zaman Dulu

 

3Sebagian dari Foto-foto Sulawesi Utara pada tahun 1900-an

 

4Piringan hitam yang masih berfungsi

 

5Koleksi Koin

 

6Catatan Harian sang Kakek

 

7 Buku Sejarah Kampung Katang diantara koleksi lainnya

 

8 Foto Pasar Cita 1952 yang sudah diberi bingkai

9

Ratman Asrar diantara koleksi-koleksinya

10

Dua kamera utama sang kakek

11

Buku Wartawan

 

12Buku sejarah lainnya

 

13Koleksi Uang Kertas

14

Koleksi Uang lainnya

15

Foto-foto Pentas seni pada waktu itu

 

16 Sampul Surat yang masih lengkap dengan perangkonya

 

17 Foto Presiden Soekarno dengan Nani Wartabone ketika mengunjungi Gorontalo