Tag

, , ,

surcharges

Bagi mereka yang baru pertama kali naik pesawat, seringkali dihinggapi rasa takut. Bahkan rasa takut itu juga kerap dirasakan bagi penumpang yang sudah berulang kali naik pesawat. Kecemasan itu wajar, mengingat pesawat harus terbang di udara.
Untuk menghindari rasa cemas itu, tak ada salahnya anda mencoba beberapa tips di bawah ini.

1. Tidur
Cara ini terbilang manjur mengatasi ketegangan saat naik pesawat. banyak orang memilih minum obat tidur sebelum naik pesawat. Tapi lebih baik tidurlah secara alami. Usahakan memejamkan mata. Mungkin bisa sambail mendengarkan musik dan membawa bantal kecil.

2. Nonton Film dan Mendengarkan Musik
Pilih film favorit atau siaran televisi yang menarik untuk menghilangkan kebosanan dan kecemasan selama perjalanan. Atau dengarkan musik. Jenis musik klasik dan lounge dapat menenangkan perasaan seseorang serta terhindar dari suara bising pesawat.

3. Membaca Buku
Pilihlah buku bacaan yang disukai saat berada dalam pesawat. Cerita-cerita yang menghibur dapat membuat seseorang rileks dan berhenti berpikir buruk. Membaca juga bisa mengusir kebosanan.

4. Mengobrol
Jika Anda naik pesawat bersama keluarga atau kolega, ajaklah mereka mengobrol. Bila Anda sendirian, tak ada salahnya mengajak berkenalan dan berbicara dengan orang di sebelah Anda, Selain mempererat silaturahmi dan menambah teman, aktivitas mengobrol cukup ampuh mengusir kecemasan.

5. Hindari Minum Obat Tertentu dan Kafein
Beberapa jenis obat-obatan tertentu dapat menyebabkan jantung berdebar-debar dan membuat Anda semakin panik saat berada di pesawat. Bagi sebagian orang, kafein dapat menimbulkan kenyamanan, tapi tak jarang menyebabkan rasa cemas.

6. Berpikir Positif
Tanamkan dalam otak bahwa naik pesawat terbang itu menyenangkan. Pikirkan saja hal-hal baik yang menggembirakan, misalnya bisa melihat pemandangan indah dari atas pesawat, bisa melihat awan dan sinar matahari dari dekat, atau bertemu dengan pramugari cantik.

7. Hindari Berita Kecelakaan Pesawat
Ketika Anda terlalu banyak menyimak, mendengar, dan membaca berita kecelakaan pesawat, alam bawah sadar secara otomatis akan mengaktifkan rasa cemas. Jangan racuni otak Anda dengan melihat berita negatif tentang pesawat terbang.

8. Pilih Maskapai Penerbangan yang Berkualitas
Ini penting untuk memberi sugesti positif dalam diri seseorang dan memberi kenyamanan tersendiri.

9. Berdoa
Inilah cara yang paling mudah dan murah. Pasrah dan berserah kepada Yang Mahakuasa. Sebab, sekalipun pesawat yang kita naiki supercanggih, kalau Tuhan berkehendak, apa pun bisa terjadi. Doa termasuk elemen penting yang mampu menenangkan hati dan mengusir rasa takut. (dari berbagai sumber)