Tag

, , , , , , , ,

Pintu Masuk Pelabuhan Manado

Manado, demikian kata itu sering disebut. Sebuah kota yang menjadi ibukota Provinsi Sulawesi Utara.  Dalam beberapa tahun terakhir, kota Manado melesat pesat sebagai sebuah destinasi wisata MICE, yang dipicu oleh keberhasilan pelaksanaan dua event international, WOC dan Sail Bunaken.

Kini, hampir sepanjang tahun Manado menjadi kota pilihan penyelengaraan event-event besar baik yang beskala nasional, regional maupun internasional. Sebut saja yang dalam waktu dekat, Manado kembali menjadi pilihan sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Informasi Nasional 2012 pada akhir Mei nanti.

Disamping keberhasilan itu, Manado memang menjadi kota yang menyenangkan bagi siapa saja yang datang berkunjung. Keakraban orang Manado menjadi salah satu faktot utama, demikian pula dengan stabilnya keamanan dan ketertiban masyarakat Manado.

4B

Ada istilah yang melekat untuk kota Manado yang sering dibawa pulang orang yang datang berkunjung. Orang menyebutnya dengan 4B, yang merupakan gabungan dari tiga kata, Bubur, Bunaken, Boulevard dan Bibir.

Bubur merupakan asosiasi dari Tinutuan. Kulinuer khas orang Manado yang sering juga disebut dengan bubur manado. Sebuah masakan yang terbuat dari campuran berbagai sayur mayur segar. Disantap bersama sambal khas orang Manado, bakasang, yang terbuat dari fermentasi perut ikan, atau sambal rica roa gurih. Tak lengkap datang Manado jika belum mencicipi Tinutuan. Jalan Wakeke merupakan sentra wisata kuliner tinutuan dan makanan khas Manado lainnya.

Bunaken, siapa yang tidak kenal dengan salah satu destinasi wisata utama di Indonesia ini. Surga bawah airnya sungguh mempesona dan membius wisatawan hingga ke penjuru dunia. Keanekaragaman hayati terumbu karang yang indah serta berbagai macam biota laut merupakan sajian yang tiada taranya. Bunaken sudah menjadi ikon Kota Manado.

Boulevard, sebuah kawasan yang berada di sepanjang Jalan Piere Tendean Kota Manado. Dulunya jalan ini merupakan ruas jalan yang tepat berada di bibir pantai kota Manado. Namun seiring dengan pesatnya pembangunan, Boulevard kini menjelma menjadi kawasan bisnis utama di Manado.

Bibir, nah ini dia sebuah asosiasi yang melekat ke perempuan Manado (suku Minahasa pada umumnya). Diberkati dengan kulit mulus, putih dan mempesona dan wajah yang cantik. Perempuan Manado memang selalu menarik hati setiap mata lelaki yang datang bertandang. Bukan cuma itu, keelokan perempuan Manado juga ditunjang dengan karakter orang Manado pada umumnya yang sangat supel dan akrab bergaul. Bibir mereka memang merona.

Tak lengkap memang datang menyambangi Manado tanpa menikmati 4B. Enjoy…..!