Daging Tikus, Masakah Khas orang Minahasa

IMG_4136

Salah satu kuliner extrem orang Minahasa (juga orang Manado) adalah daging tikus. Tapi jangan dulu terburu-buru membayangkan daging tikus yang dikonsumsi berasal dari tikus rumah atau tikus selokan. Biasanya tikus yang diburu untuk dimakan dagingnya merupakan tikus sawah atau tikus hutan.

Daging tikus yang sudah dibakar terlebih dulu, sangat jamak ditemui di Pasar Tomohon. Pasar tradisional ini memang sangat unik. Bukan hanya daging tikus yang dijual, tapi kita bisa dengan mudah menemui berbagai jenis daging yang tidak ditemui di kota lain di Indonesia. Sebut saja daging anjing, ular, kelelawar. Bahkan daging monyet dan biawak pun ada.

Daging tikus biasanya dimasak dengan sajian santan kelapa. Rasanya enak dan lezat menurut penuturan yang suka mengkonsumsinya. Saya memilih tidak memakannya. 🙂

Selain memang lezat, daging tikus juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Di pasar Tomohon, daging tikus diperjualbelikan dengan harga Rp 25.000 per ekor, yang sudah dipanggang. Jika pada perayaan hari-hari tertentu, harganya bisa sampai Rp. 35.000 per ekor.

Selain disantan, daging tikus juga enak digoreng, Di rumah-rumah makan Tinoor, seporsi daging tikus goreng bisa berharga Rp. 60.000 per porsi. Jika anda ingin mencoba kuliner extrem ini, bertandanglah ke Manado dan Tomohon. Makanan ini mudah didapat.

IMG_4129

5 tanggapan untuk “Daging Tikus, Masakah Khas orang Minahasa

  1. terlalu””””’ dirumah makan saya di langowan harga 1 porsi daging tikus 13.000 rupiah per porsi + nasi, coba datang kunjungi di rumah makan saya cicipi dan nikmatilah..
    jln amongena pasar lama depan pangkalan ojek maesa malesung..

    Suka

  2. buat vegetarian aku minta maaf,., karena daging tikus ekor putih itu uenak banget sob,., atau kata orang manado,., pe sadap skalee sob, apalagi kong depe bumbu lengkap kong pake santang ato dabu -dabu kong kase pidis skali,., mmg maleleh tu suar,., :p

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s