Tag

, , , , ,

Kampung Cina, merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di tengah pusat keramaian kota Manado. Lokasi ini juga dikenal sebagai salah satu pusat perdagangan tertua yang ada di Manado.

Disebut dengan nama Kampung Cina, karena hampir semua pemilik bangunan di tempat ini berasal dari etnis Cina. Dahulu kala, Pemerintahan Kolonial Belanda, membangun perkampungan ini untuk menampung para tukang kepala yang berasal dari etnis Cina.
Seiring perkembangan, perkampungan ini menjelma menjadi pusat perdagangan awal Kota Manado, hingga sekarang.

Disini pula terletak Klenteng Ban Hing Kiong, yang dibangun pada tahun 1819. Di Kampung Cina ini juga setiap tahun, rutin diselenggarakan Perayaan Cap Goh Me, yang ditandai dengan keluarnya para "Encipia".  Perayaan Cap Goh Me, malah sudah menjadi kalender wisata tetap kota Manado, dan banyak diminati wisatawan.

Namun diantara keriuhan perdagangan yang berlangsung sangat padat pada setiap harinya, ternyata Kampung Cina menyisahkan sejumlah bangunan yang tergolong tua, bahkan beberapa diantaranya sangat tua. Bangunan-bangunan tersebut pada umumnya masih berupa peninggalan jaman kolonial Belanda. Bangunan-bangunan tersebut hampir seluruhnya digunakan sebagai toko.

Untuk dapat menikmati arsitektur bangunan-bangunan tua tersebut, datanglah pada pagi sekali. Sebab menjelang siang, kepadatan kendaraan di jalan yang terhitung sempit di Kampung Cina, akan menghalangi bangunan-bangunan tersebut. Apalagi jika bermaksud memotret, datanglah pada subuh hari.

Akses menuju Kampung Cina sangatlah mudah. Karena lokasinya yang berada di pusat keramaian kota. Bertanyalah kepada orang yang dijumpai, pasti semua mengenal letak Kampung Cina. Disini pula terdapat satu-satunya toko obat yang khusus menjual obat-obatan cina.

Foto-foto lainnya dapat dilihat disini: http://www.facebook.com/media/set/?set=a.2565929147667.2122777.1237294303&type=3