Tag

, , ,

Image-1 

Satu lagi situs berbasis foto bagi komunitas online. Pixoto, namanya. Situs yang masih dalam versi beta ini menarik untuk diikuti. Pixoto mengusung konsep ImageDuel, yang diklaim sebagai system mereka. Tiga hari lalu saya mencoba menjajal pixoto. Account saya dapat diakses disini: http://www.pixoto.com/ronnybuol

Jika pada beberapa situs komunitas foto online, pemberian nilai pada sebuah foto dilakukan ketika user melihat foto yang sedang terbuka, di Pixoto pemberian nilai sangat fair. User hanya dapat memberikan nilai melalui fasilitas ImageDuel.

Menariknya, ImageDuel mengusung konsep blind description.  Artinya, foto ditampilkan tanpa informasi tambahan apapun, termasuk nama fotografer. Ketika menu ImageDuel diklik, system akan menampilkan secara acak dua foto yang disandingkan secara berdampingan. User dapat memilih foto mana yang menurutnya lebih unggul dari foto lain. Setelah itu, secara acak ditampilkan lagi dua foto untuk diduelkan. Begitu seterusnya.

Foto yang dipilih oleh user dianggap sebagai pemenang (win), dan foto yang tidak dipilih dianggap kalah (lose). Pada halaman profile pemilik foto, di setiap foto yang diupload, tertera akumulasi nilai (image score) dan angka win-lose hasil dari duel yang telah dilewati oleh foto tersebut.

Badge Award

Pixoto mengelompokkan foto-foto yang diupload dalam 15 kategori utama dengan masing-masing sub kategori. Pada waktu mengupload foto, user sudah diberi pilihan untuk menentukan kategori foto.

Dari hasil Image Score, foto-foto diurutkan sesuai dengan peringat nilai yang diperolehnya sesuai dengan kategori. Peraih nilai tertinggi dalam setiap kategori mendapat award setiap harinya. Pixoto memberi tanda badge pada setiap foto yang mendapat award.

Image-2

Contohnya, foto saya berjudul Jump dalam kategori Portrait and People, yang saya upload pada 1 Maret 2012, mendapat Award Best of The Day pada 2 Maret, karena mampu berada di peringkat ke-6 pada hari sebelumnya.

Pixoto juga memberikan Award Best of Week untuk 20% foto yang berada di peringkat teratas dari setiap kategori. Demikian pula untuk pemberian Award Best of Month. Menariknya pada setiap tahun, Pixoto memilih Best of Photographer pada setiap kategori. Penilaian semua berdasarkan perolehan ImageScore yang diperoleh sebuah foto. Dan, setiap minggunya Pixoto menyediakan hadiah lebih dari US $2,000 untuk foto-foto terbaik.

Image Duel

System image duel yang diusung pixoto harus diakui sangat fair. Sebab, dengan system foto tanpa informasi apapun, user terhindar dari pemilihan subjektif. Foto yang diduelkan pun sudah melalui seleksi algoritma pixoto.

Image-3 

Dua foto yang tersanding pada ImageDuel merupakan dua foto yang berada dalam satu kategori yang sama. Bahkan algoritma pixoto berusaha hanya menduelkan foto dengan kulaitas yang sama. Jadi, foto dengan kualitas kurang baik, tidak akan disandingkan dengan foto kualitas tinggi.

Dengan system image duel, menutup kemungkinan, pemberian nilai subjektif  user pada foto user lain yang dikenalnya. Karena foto yang tampil pada ImageDuel dirandom, dan user tidak dapat memilih fotonya sendiri.

Credit

Setiap mengupload foto, user memerlukan 10 credit. Pada waktu membuka account pertama kali di pixoto, user sudah diberikan modal 10 credit. Setiap memilih satu foto pada ImageDuel, user mendapat 1 credit.

Image-4a

Credit digunakan pula, ketika user perlu mengangkat kembali fotonya yang sudah terkena paused. Sebab, pixoto menerapkan apa yang dinamakannya paused vote. Ketika sebuah foto telah melalui beberapa kali image duel dan tidak berada pada posisi 10% teratas di kategorinya pada hari itu, maka sysem mempuase foto tersebut. Artinya, foto tersebut tidak bisa ikut lagi dalam imageduel. Nah, jika user masih menginginkan foto tersebut di vote, user harus menebusnya dengan 5 credit, yakni mengklik menu get more votes.

Demikian pula, foto yang bernilai tinggi, jika masih diinginkan untuk terus tampil pada imageduel untuk meraih award mingguan, user dapat menebusnya dengan 10 credit, dengan mengklik menu DuelBoost.

Credit dapat pula diperoleh dengan menginvite teman untuk bergabung dengan pixoto. Jika, seorang teman bergabung di pixoto atas referensi user, maka user akan mendapat 250 credit.

Point

Jika foto dari user mendapat sebuah award, maka pixoto akan memberikan sejumlah point sesuai dengan kualitas award yang diterima. Akumulasi point yang terkumpul akan menjadi patokan dalam menentukan Best of Photographer di akhir tahun.

Image-4b

Satu lagi, situs fotografi berbasis komunitas meramaikan trend foto digital. Nampaknya, pixoto mengasyikkan untuk diikuti. Dengan mengupload foto dan mengikutkannya pada system ImageDuel, paling tidak memberi kesempatan bagi fotografer untuk menguji kualitas fotonya. Apakah benar-benar menarik sehingga bisa dipilih mengalahkan foto lainnya. Selamat mencoba, saya baru mencobanya selama 3 hari.