Tag

, , ,

Kadangkala foto yang kita hasilkan melalui camera terasa kurang tajam. Dengan kutak-katik di Photoshop, foto dapat tertolong sedikit dengan mempertajam subjeknya.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Foto yang ingin dipertajam, lalu copy layer aslinya menjadi Background copy.

1

2 2. Smart Objek. Klik kanan layer Background copy, dan dari menu yang muncul pilih Convert to Smart Object untuk menjadikan layer backgroud copy menjadi Smart Objek.

 

 

 

3 3. Mengatur Shadow. Setelah menjadi Smart Objek, klik menu Image > Adjustment > Shadows/Higlights …. untuk memunculkan boks dialog Shadows/Highlights. Dari boks dialog yang ada, masukkan angka 50 pada kolom Shadows, Highlightnya biarkan tetap angka 0, dan klik ok.

 

4 4.  Black and White. Tetap pada layer Backgroundcopy, kini kita akan menambahkan efek cahaya. Klik icon Create new fill or adjusment layer, lalu pilih Black & White.

 

 

 

 

5 5. Auto BW. Pada boks dialog yang muncul setelah memilih Black & White, klik saja tombol Auto.

 

 

 

6 6. Overlay. Dari layer Black & White yang ada, ubahlah blending mode menjadi Overlay. Dengan mengubah mode blending menjadi overlay, sekarang foto telah mempunyai efek kontras yang tinggi.

 

 

 

 

 

7. Menggandakan Layer. Sekarang copy layer Background Copy sehingga muncul layer Bakground copy 2,dan tempatkan paling atas.

7

8. Smart Sharpen. Saatnya memberi filter pada layer yang baru saja digandakan. Pada menu utama klik Filter > Sharpen > Smart Sharpen.  Pada boks dialog yang muncul masukkan angka 100 pada kotak Amount dan angka 10 pada kotak Radius, lalu klik ok.

8

9. Layer Mask. Tambahkan layer mask pada layer yang telah disharpen tadi, lalu warnailah layer mask dengan warna hitam.

9c

10. Isolasi dan Seleksi Subjek. Sekarang gunakan Brush Tool untuk membuat seleksi pada subjek foto. Pilih warna putih pada Brush. Buatlah isolasi pada subjek yang ingin ditajamkan. Setelah selesai mengisolasi, gunakan untuk membuat seleksi. Caranya, tekan tombil control pada keyboard lalu klik pada Layer Mask sehingga akan menjadi sebuah seleksi pada subjek foto.

11b

11. Mengatur Brightness / Contrast. Melalui menu Image > Adjustment > Brightness/Contrast atur sesuai selera. Jika terasa cukup, satukan semua layer dengan menekan tombol Ctrl + E.

12. Perbaiki Warna dengan sedikit mengatur level. Sekarang bandingkan hasilnya.

Hasil Akhir

Bandingkan dengan hasil foto yang sebenarnya:

Foto asli.