Tag

, , ,

Capture-7 Kali ini saya mencoba belajar me-retouch sebuah foto dengan gaya Retro. Foto saya capture menggunakan EOS 20D dengan lensa 18-55mm dan hanya memanfaatkan lampu TL yang ada disebuah ruangan. Talent Linda L, kebetulan waktu itu hadir pada sebuah diskusi kelompok kami. Disela-sela menunggu diskusi mulai, kami iseng berfoto. Latarnya merupakan sebuah tembok.

 

1. File aslinya seperti ini:

Capture-1

2. Saya menggunakan Photoshop CS4. Membuka file lalu menambahkan sebuah layer kosong. Memilih layer baru tersebut dan membuat seleksi setengah dari ukuran layer tersebut dengan Rectangular Marquee Tool.

Capture-2

3. Lalu membuka Swatches Pallet melalui menu window dan memilih Warna Merah. Kemudian Menekan kombinasi tombol alt + backspace, sehingga seleksi tadi terisi dengan warna merah yang dipilih.

Capture_3

4. Saya membalik seleksi dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + I, atau bisa juga dipilih melalui menu Select – Inverse.  Dan pada Swatches Pallet saya memilih warna Hijau. Sekali lagi menekan kombinasi tombol Alt + Backspace yang membuat hasil seleksi tadi terisi warna hijau.

Capture_4

5. Lalu kemudian menghide layer baru tadi (yang telah berisi dua warna, Merah dan Hijau) dengan mengklik tombol berikon mata pada Layer Palletnya.

6. Kemudian mengaktifkan layer utama (foto si Linda), dan mengakse menu Image – Adjustment – Match Colour

Capture_5

7. Perhatikan kolom Source, saya mengisinya dengan file dari si Linda tadi, dan pada kolom Layer mengisinya dengan Layer 1. Lalu mengatur slider Luminance, Color Intensity dan Fade dengan cara coba-coba saja sampai mendapat warna yang saya inginkan. Pada latihan ini saya menetapkan nilai untuk Luminance: 119, Color Intensity: 149 dan Fade: 81. Anda bisa bermain-main dengan angka ini, terserah.

8. Dan ini hasilnya:

Gabung

9. Saya mencoba menambahkan sedikit Gradient Fill dan juga menambahkan sebuah layer baru dan memberikan effect Vignette. Kira-kira begini hasilnya:

Capture-7

Selamat bereksperimen. Mohon tambahan tips dan trik dari teman-teman yang sering meretouch dengan gaya Retro.