Tag

,

CpZa62KWOQ BEIJING – Gempa besar dengan kekuatan 8,9 Skala Richter (SR) yang mengguncang Jepang terasa hingga negara tetangganya, China. Warga Beijing, yang berjarak 2.500 km barat Jepang, mengaku merasakan getaran akibat gempa.
Pekerja di beberapa kantor di China melaporkan getaran gempa yang mereka rasakan melalui situs perbincangan internet. Namun tidak dilaporkan adanya kerusakan serta korban luka akibat gempa.
Badan Gempa China mengatakan, mereka telah menerima laporan dari warga kota Beijing yang merasakan getaran. Demikian dikutip dari AFP, Jumat (11/3/2011).
Gempa bumi di Jepang terjadi di 130 kilometer sebelah timur Sendai, Pulau Honshu pada kedalaman 24 kilometer, hari ini. Gempa berkuatan dahsyat ini menimbulkan bencana tsunami setinggi 6 meter di Pulau Honshu.
Pulau Honshu merupakan pulau terbesar di Jepang. Kota Tokyo, Yokohama, dan Osaka berada di pulau ini. Dilaporkan, beberapa orang mengalami luka. Kebakaran juga melanda beberapa lokasi, baik di pinggiran Kota Tokyo maupun di pusat kota. Saat ini, penerbangan internasional di Bandara Narita, Tokyo ditutup dan dialihkan ke Bandara Kansai di Osaka.(rhs) – okezone.com