Tag

, , ,

Sebagai kesenian rakyat, FIGURA berasal dari Bahasa Latin yaitu Figur atau sosok. Figura telah muncul beberapa ratus tahun lalu dijazirah pesisir Teluk Manado. Ditilik dari perjalanannya figura merupakan seni budaya yang diadopsi dari Kesenian Yunani Klasik. Seni ini lebih dekat dengan seni pantomim atau seni menirukan laku atau watak dari sesorang tokoh yang dikenal atau diciptakan. Kesenian ini dibawa oleh pelaut Spanyol (conquistadores) yang singgah dan tinggal disekitar pelabuhan Teluk Manado.

 

Figura merupakan kesenian yang dapat menghadirkan dramaturgi pendek terhadap sosok atau perilaku tokoh-tokoh yang dianggap berperan dalam mengisi tradisi baik buruk sosok dan watak manusia. Festival Figura Manado oleh masyarakat Kota Manado diselenggarakan dalam rangka pesta kunci taong (tahun) atau minggu terakhir bulan Januari setiap tahun dan dilombakan dengan sajian figur dalam rangkaian cerita berupa komedi atau tragedi melalui dioalog ataupun pantomim. Tempat pelaksanaannya di sepanjang jalan Boulevard Manado.
Foto-foto dalam Album ini merupakan rangkaian dalam kegiatan Festival Figura Kota Manado 2011 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado yang bekerjasama dengan beberapa pihak.

Biasanya sepanjang Januari tiap hari minggu dikampung-kampung kota Manado masyarakat kampung juga menggelar Figura. Kebanyakan mereka mendatangi rumah-rumah penduduk secara berkelompok dengan memerankan figur pilihan sambil menyanyikan lagi-lagu dan kotak sumbangan. Tuan rumah yang disambangi akan memberikan semacam tip untuk kedatangan rombongan itu.

Video by: FREDY TEWU

Foto-foto lainnya dapat dilihat di: http://www.facebook.com/album.php?id=1237294303&aid=2084098