Tag

, , , ,

IMG_9939 Daerah Nusa Utara sering diterjang dengan Tordano Kecil yang datang tiba-tiba (orang lokal menyebutnya DIMPULUSE).

Peristiwa alam itu sering datang, jika curah hujan tinggi dan tidak berhenti dalam 1-2 hari.
Biasanya Dimpuluse terjadi kalau ada awan hitam tebal yang menggantung.
Awan hitam itu berkosentrasi membentuk kekuatan angin puting beliung yang membawa volume air beribu-ribu kubik.

Jika konsentrasinya telah terbentuk maka Dimpuluse akan menghujam ke daratan, yang biasanya jatuh diatas pengunungan atau dataran tinggi.
Akibatnya bisa dibayangkan, Dimpuluse yang membawa ribuan kubik volume air itu akan memporak poranda kan apa saja yang dilaluinya. Daerah yang diterjangnya akan digulung habis.

Foto diatas, merupakan bekas terjangan DIMPULUSE yang terjadi pada Desember 2009 di Desa Karalung Kab. Sitaro.
Peristiwa itu terjadi tengah malam. Beberapa desa diporak poranda kan pada Desember Kelabu tersebut. Beruntunglah sejak sore, warga disekitarnya sudah mawas diri terlebih dahulu. Sehingga walau memakan korban beberapa yang meninggal, paling tidak korban warga dapat diminimalisir.

Beberapa hari ini, terjangan Dimpuluse terjadi kembali di beberapa daerah di Kab. Sitaro yang memang masuk dalam kategori daerah rawan bencana. Di Tagulandang tercatat beberapa korban meninggal. Desa Panggilolong di Pulau Siau juga tidak luput dari terjangannya.
(https://sitaro.wordpress.com/2011/01/30/banjir-badang-kembali-melanda-sitaro/)

Peristiwa yang terjadi pada Desember 2009 lalu itu, menjadi salah satu insiprasi dari lagu dalam Album VCD Rohani Daerah yang saya garap baru-baru ini, dalam judul lagu: YESUS NADI KEHIDUPAN (http://www.youtube.com/watch?v=RSH_axTHwF8)