Tag

, , , ,

Kolase High Key merupakan salah satu cara penggunaan cahaya berlebihan dalam pemotretan. Pada teknik high key kita cenderung melebihkan warna putih (mayoritas) dan meninggikan kontras. Kebalikannya adalah Low Key, warna hitam (gelap)  yang menjadi mayoritas dan kontras rendah.

Untuk mendapatkan kondisi High Key, kita cenderung menipu metering. Jadi pengukurannya biasanya melalui Flash Meter dan itupun masih memerlukan bracketing. Pengalaman saya sampai 2 stop.

Jadi teknik high key sebenarnya merupakan sebuah konsep pemotretan, pengolahan melalui software hanyalah untuk fine tuning saja.

Pada praktek kali ini, saya memotret dalam ruangan sempit (kurang lebih 3×4 meter). Menggunakan lensa fix 50mm. Setting parameter kecepatan pada 1/200 sec, bukaan F5, ISO 100. Bracketing +2 stop. Sebenarnya dengan paramter ini, tidak cukup untuk menghasilkan foto High Key, tetapi saya mengukurnya melalui Flash 580EX II. Flash saya setting pada mode Manual pada kekuatan 1/16 dan head zoom di 105mm (agar cahaya bisa terkosentrasi pada objek).

Dinding ruangan cream muda, langit-langit rendah berwarna putih, lampu TL tergantung di tengah ruangan (lebih kurang 20 watt). Model menyandar pada bantal (putih) yg tertempel di dinding. Saya sengaja menggunakan kain putih. Flash ditembak langsung ke model dengan tilt sekitar 45 derajat untuk bisa mendapatkan shadow.

Asli Pemotretan saya lakukan pada malam hari dengan Talent: Rei.

Foto disamping merupakan hasil capture murni dari camera. Sebenarnya hasil capture dengan paramater diatas sudah cukup sebagai sebuah foto High Key. Tapi mari kita coba untuk meretouchnya dengan software. Kali ini saya menggunakan PS CS5.

1.  Buka File Foto

curve Kita akan mencoba membuat fotonya menjadi lebih Bright. Mainkan saja di curve tool. Sesuaikan dengan selera anda. Tapi sebagai panduannya, cobalah mulai dengan setting berikut. Jangan terlalu bright, nanti akan kehilangan garis-garis penegasnya.

Kira-kira begini hasilnya:

effect-1

2. Lalu gunakan Dodge/Burn tool untuk lebih memainkan tonenya.

Jika anda ingin lebih memutihkan area tertentu jangan ragu untuk menyapukan dodge tool. Dan sesekali gunakan burn tool untuk mempertegas garis-garis.

Ini hasilnya setelah saya menyapukan dodge dan burn tools.

dodge-burn

Sampai disini kita telah menghasilkan foto High Key yang artistik. Saya mencoba melukukan sentuhan akhir.

final

Selamat mencoba.