Tag

,

Tulisan Jusuf Kalla yang copy dari kompasiana.com

jk Sudah lama rasanya tidak menulis di Kompasiana ini…ada banyak alasan untuk itu, tapi tentunya tidak perlu saya ungkap di sini. Yang jelasnya saya sudah kembali, dan Insya Allah akan sering-sering lagi menulis di Kompasiana ini untuk berbagi dengan saudara-saudara sekalian. Kali ini saya tidak akan berbicara tentang hal-hal yang berat-berat seperti Bank Century, 100 Hari pemerintahan SBY dan lain lain.

 

Ini tentang asal mula nama JK, yang sampai saat ini tentu sangat akrab dengan saudara-saudara sekalian sebagai sapaan saya. sebenarnya saya mulai disapa sebagai JK pada saat Pilpres 2004. Sebelumnya orang menyapa saya dengan macam-macam sapaan. Ada yang menyapa Pak Jusuf, ada yang menyapa Puang Jusuf, kemudian untuk orang-orang dekat saya mereka selalu menyapa saya sebagai Daeng UCU (tapi belum pernah ada yang menyapa saya “Daeng Jusuf Kalla” kecuali Ruhut).

jadi ceritanya begini : saya dengan pak SBY hendak membuat Iklan kampanye, jadi pada awalnya kita buat tagline yang berbunyi ” SBY-Muhammad Jusuf Kalla” cuman waktu itu saya tidak enak, masa saya sebagai Cawapres lebih banyak mengambil space daripada nama Beliau sebagai CAPRES yang hanya tiga huruf. Akhirnya disepakatilah waktu itu biar adil maka nama saya harus disingkat juga, biar sama sama tiga huruf, maka dicetaklah spanduk, Baliho dan Stiker yang berbunyi “SBY- MJK” sebagai Capres dan Cawapres.

Namun kemudian setelah saya perhatikan lagi singkatan nama saya yang notabene disingkat jadi “MJK” itu hanya beda tipis dengan “MCK” (Mandi Cuci Kakus). Saat itu saya pikir “wah bisa bahaya ini salah-salah nanti kita diplesetkan jadi SBY dan MCK. Akhirnya berhubung saya Cawapres maka tidak mengapalah saya mengalah sedikit saya pakai dua huruf saya menjadi “JK” yang sampai saat ini saudara-saudari  ketahui. Di situlah awal mulanya saya mulai akrab disapa sebagai JK. saking seringnya disapa seperti itu,  maka kadang-kadang saya sendiri sampai lupa kalau nama saya adalah “Muhammad Jusuf Kalla”.

Jadi demikianlah asal mula saya dikenal nama JK itu melekat kepada saya. Dan secara kebetulan tagline SBY-JK sudah lama dikenal orang jauh sebelum PILPRES 2004. Coba saudara perhatikan semua BUS Antar Kota Jurusan Surabaya-Jakarta di kaca depannya selalu ada tulisan yang berbunyi “SBY-JKT” Pulang Pergi.

**SALAM KOMPASIANA**

sumber: http://umum.kompasiana.com/2010/01/30/asal-mula-nama-jk/?ref=home#comment