Tag

, ,

88759_maket_yang_menunjukkan_rupa_sebuah_alien_di_museum_of_science__as_300_225 Ahli astrofisika terkemuka asal Inggris, Stephen Hawking, ternyata mendukung pandangan sebagian kalangan yang percaya bahwa mahluk luar angkasa memang ada. Mahluk yang populer disebut alien itu diduga berupaya mencari planet-planet yang menyimpan sumber daya yang mereka butuhkan.

Demikian sekilas pandangan Hawking dalam suatu serial yang ditayangkan stasiun televisi ilmu pengetahuan, Discovery Channel. Menurut Discovery Channel, Minggu 25 April 2010, wawancara dengan Hawking mengenai teorinya atas alien itu sudah ditayangkan di AS kemarin dan akan mulai beredar di Inggris bulan depan.

Discovery sudah mengungkapkan beberapa petikan wawancara dengan Hawking ke media massa, termasuk ke laman harian Inggris, The Times.
Kehidupan alien, menurut Hawking, hampir pasti ada di banyak tempat di jagat raya. Tidak hanya di planet, namun juga di pusat bintang-bintang, atau bahkan mengambang di ruang antarplanet.

Pandangan Hakwing atas kehidupan alien, menurut The Times, berdasarkan keyakinannya bahwa jagat raya memiliki 100 miliar galaksi. Masing-masing galaksi memiliki ratusan juta bintang. Maka, dalam ruang yang begitu besar, Bumi tampak bukan satu-satunya planet yang memiliki kehidupan.

88758_stephen_hawking_300_225 Menurut Hawking, rupa alien bisa saja sama dengan mikroba atau hewan biasa – yang merupakan tipe mahluk hidup yang paling lama menghuni bumi. Sebagai mahluk hidup, alien punya intelegensia dan daya ancam. Itulah sebabnya ilmuwan berusia 68 tahun itu memperingatkan bahwa kontak dengan alien bisa berbahaya bagi kehidupan manusia.

Ilmuwan yang terkenal dengan teori "Lubang Hitam" itu menyatakan bahwa alien bisa saja menyerang Bumi demi mendapatkan sumber daya yang mereka butuhkan dan selanjutnya pergi lagi.

"Kita hanya memandang diri kita saat berpikir betapa kehidupan intelegensia dapat berkembang menjadi sesuatu yang tidak ingin kita hadapi. Saya bayangkan mereka [alien] mungkin ada dalam pesawat-pesawat yang besar setelah menggunakan semua sumber daya dari planet mereka," kata Hawking.

"Alien-alien yang telah maju itu kemungkinan telah menjadi nomad, berupaya untuk menaklukan dan membuat koloni di planet-planet manapun yang bisa mereka raih," lanjut Hawking.

Menurut The Times, pandangan Hawking itu sebelumnya diperkuat oleh sejumlah penemuan ilmiah. Sejak 1995 telah ditemukan lebih dari 450 planet yang mengorbit di bintang-bintang yang jauh. Planet-planet yang ditemukan itu diperkirakan berbentuk lebih besar dari Bumi, namun perkiraan itu masih harus dibuktikan lebih lanjut karena penemuan ini menggunakan teleskop yang teknologinya kian berkembang.

Sementara itu seorang astronom yang juga berasal dari Inggris, Lord Rees, awal tahun ini sudah memperingatkan bahwa kehidupan alien mungkin di luar jangkauan pemahaman manusia. "Saya menduga ada kehidupan dan intelegensia di luar sana dalam bentuk yang tidak kita pahami," kata Rees. (vivanews.com)