Tag

, , , ,

 

Dari penelusuran yang saya lakukan, ternyata terdapat beberapa satwa yang dilindungi yang ada di Pulau Siau. Selaian yang telah saya publikasikan terlebih dahulu (Otus siaoensis, Burung Hantu dan Siau tarsier,  Tarsisu Siau) ternyata terdapat pula beberapa burung yang masuk dalam kategori di lindungi. Berikut artikel dari data burung yang saya kutip dari website burung.org

 

Aethopyga duyvenbodei

Aethopyga duyvenbodeiDeskripsi Bentuk

Lebih kurang 12 cm. Jantan: bagian atas hijau metalik dan biru; punggung zaitun kekuningan; pita-tunggir kuning; tenggorokan kuning. Betina: bagian atas zaitun kekuningan; tunggir kekuningan; mahkota bersisik; tenggorokan dan bagian bawah kuning.

Deskripsi Suara

Tidak terdokumentasi, tapi mungkin memiliki suara dengan nada tinggi dan nyanyian menggoda seperti jenis burung-madu lainnya.

Kebiasaan

Sendiri, berpasangan dan adakalanya dalam kelompok kecil. Biasanya teramati bergabung bersama dalam kelompok burung pencari makan, khususnya dengan burung-madu dan burung cabai. Mengumpulkan serangga dari vegetasi dan sarang laba-laba.

Nama Inggris : Elegant Sunbird
Nama Indonesia : Burung-madu sangihe
Ketinggian : 0 – 900 m
Ekstralimital :  
Daerah Sebaran : Bali; Sulawesi;
Endemik : Sulawesi; (endemik Indonesia);
Status IUCN : EN
Jenis Dilindungi : Ya
Status CITES :  
Burung Sebaran Terbatas : Ya
Penyebaran Global :

Endemik di Sangihe dan Siau (pulau-pulau kecil di Sulawesi bagian utara).

Penyebaran lokal :

Cukup umum di Sangihe. Menghuni perkebunan campuran di sekitar petak-petak hutan yang tersisa; juga petak-petak hutan, tepi hutan dan pertumbuhan sekunder yang tinggi. Dari dataran rendah sampai ketinggian sekitar 900 m. Di Siau hanya diketahui dari sebuah spesimen tunggal yang dikoleksi pada abad yang lalu.

     
Suara :  
Habitat :

Hutan, kebun

Tekanan :  
Informasi lainnya :