Tag

,

Technorati Tags:

 

GUNUNG API KARANGETANG Gunung Api Karangetang beberapa hari ini menunjukkan aktivitas vulkanis yang lebih dari biasanya. The real volcano yang memang aktif sepanjang masa ini, dalam seminggu belakangan menunjukkan tanda-tanda vulkanis yang membahayakan.

Bahkan pada tanggal 30 dan 31 Mei, gunung api yang sering diidentikan dengan gunung adat ini, mengeluarkan letusan yang cukup membuat masyarakat sekitar kaget. Dari pengakuan beberapa masyarakat yang turut menyaksikan aktifitasnya, terlihat Karangetang menyemburkan larva pijar dan memuntahkan beberapa material.

Demikian pula dalam sepakan ini awan mendung pekat menyelimuti Pulau Siau khususnya kampung-kampung yang ada disekitar kaki gunung Karangetang, termasuk pusat perdagangang Ulu.

Masyarakat Siau masih menganggap aktivitas Karangetang ini sebagai hal yang biasa saja. Justru orang Siau akan takut jika gunung api ini hanya diam. Sebab mereka khawatir, jika Karangetang diam dalam waktu yang lama, bisa tiba-tiba meletus dengan dahsyat.

Namun demikian, masyarakat yang ada disekitar gunung api Karangetang tetap waspada, jika sewaktu-waktu aktivitas vulkanisnya meningkat.