Tag

, , , ,

Sirup PalaKini, dagung buah pala di Siau tidak akan lagi mubazir seperti yang terjadi sebelumnya. Kebiasaan petani pala di Siau yang hanya mengambil biji pala dan mengabaikan dagingnya akan berubah. Kerjasama yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kab. Kepl. Siau Tagulandang Biaro dengan Fakultas Pertanian Unsrat Manado berhasil mengolah daging buah pala menjadi sirup.

Penelitian yang dikembangkan untuk membantu kesejahteraan masyarakat ini menghasilan cita rasa siru yang berbeda dari sirup buah pada umumnya. “Ada rasa mint yang segar”, demikian pengakuan seorang pengunjung Stand Sitaro setelah mencicipi sirup pala. Memang cita rasa khas buah pala memberikan rasa segar yang berbeda pada sirup pala.

Kesegaran yang lebih terasa jika disuguhkan dalam keadaan dingin ini menjadi daya tarik sendiri nagi pungunjung Stand Sitaro. Banyak pengunjung yang kaget dengan sirup pala. “Kita ndak parcaya kalo ini dari pala. Depe rasa laeng, sadap, boleh mo tambah,” ungkap seorang pengunjung.

Semoga penelitian yang sudah dipublikasikan dan mendapat respon yang positif ini mendapat respon dari stakeholder yang ada. Sehingga pada saatnya, kesejahteraan petanilah yang terangkat.