Tag

, , , , ,

imagesSebuah perhelatan akbar berskala international sebentar lagi akan dihelat di Sulawesi Utara, tepatnya di Kota Manado. Event International dengan tajuk World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Intiative (CTI) 2009 menjadikan Sulawesi Utara diperbincangkan secara global. Konferensi Kelautan Dunia ini merupakan inisiatif murni Indonesia, lebih khusus atas dasar pemikiran briliant dari SH. Sarundajang sebagai Gubernur Sulawesi Utara.

Dalam event yang akan dilaksanakan medio Mei 2009 ini akan dihadiri oleh ratusan perwakilan negara yang berkepentingan terhadap kelestarian dan keanekaragaman kekayaan laut serta pentingnya terumbu karang sebagai salah satu penyangga ekosistem kelautan dunia. Jelas, kehadiran ribuan orang dari berbagai belahan dunia akan membawa dampak yang sangat positif bagi dinamika masyarakat Sulawesi Utara pada umumnya.

Sitaro yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Provinsi Sulawesi Utara memandang penting event akbar tersebut. Terlebih Kab. Kepl. Sitaro sebagian besar wilayah geografisnya merupakan laut. Demikian pula, kehadiran ribuan orang dari mancanegara merupakan sarana yang sangat tepat untuk melakukan promosi potensi daerah.

Oleh karena itu, dibawah koordinasi langsung Bupati Toni Supit, Pemkab Kepl. Sitaro kini sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan WOC dan CTI Summit tersebut. Salah satu keikutsertaan Kab. Kepl. Sitaro adalah dalam Pameran di sela-sela pelaksanaan pertemuan tingkat dunia tersebut.

Beberapa instansi telah bersiap diri untuk mengisi Stand Sitaro di Kayuwatu, Mapanget. Diantaranya, Badan Perencanaan dan Pengawasan Pembangunan Daerah dibawah koordinasi langsung Kepala Bappeda Sitaro, Denny Kondoj. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang langsung dipimpin oleh Kepala Dinas, Mey Welang. Demikian pula Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang dikomandai oleh Edy Salindeho selaku Kepala Dinas. Tidak ketinggalan pula, Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan dibawah koordinator R. Bawotong sebagai kepala dinas. Ikut pula Bagian Hubungan Masyarakat dan Dinas Perikanan dan Kelautan.

Semoga saja keikutsertaan Pemkab Kepl. Sitaro ini membawa dampak yang siginifikan bagi perkembangan pembangunan daerah, khususnya dalam peningkatan taraf kehidupan masyarakat Siau Tagulandang Biaro pada umumnya, seperti yang diharapkan oleh Gubernur Sulawesi Utara, SH. Sarundajang sebagai pemrakarsa pelaksanaan WOC 2009.