Tag

, , , ,

peta sitaroSecara Geografis, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro terletak antara 1250 9’28” – 1250 24’25” BT dan 020 4’13” – 020 52’47” LU. Adapun Luas Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro adalah: 275,96 km² atau 27,24 % dari luas Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan keadaan topografi berbukit-bukit dengan cakupan wilayah terdiri dari 3 (tiga ) gugusan pulau yakni:

– Pulau Siau dan pulau-pulau di sekitarnya ;

-Pulau Tagulandang dan pulau-pulau di sekitarnya ;

– Pulau Biaro dan pulau-pulau di sekitarnya.

Adapun batas-batas administrasi Kabupaten ini adalah sebagai berikut:

– Sebelah Utara dengan Kecamatan Tatoareng Kabupaten Kepulauan Sangihe (Induk).

– Sebelah Timur dengan Laut Maluku

– Sebelah Selatan dengan Kabupaten Minahasa Utara

– Sebelah Barat dengan Laut Sulawesi

Kabupaten Kepulauan Siau tagulandang Biaro memiliki 47 buah pulau besar dan kecil, di mana sebanyak 10 buah pulau diantaranya berpenghuni dan 37 buah pulau tidak berpenghuni, dan sebagian besar adalah pulau batu. Terdapat 2 (dua) buah gunung api yang aktif yaitu gunung api Ruang di pulau Ruang Kecamatan Tagulandang dan gunung Api Karangentang di Pulau Siau Ulu Siau.

Eksistensi Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dicirikan oleh beberapa karakteristik wilayahnya, baik sebagai daerah kepulauan, daerah rawan bencana, dan sebagai daerah tertinggal.

Kabupaten Siau Tagulandang Biaro terdiri dari 10 buah Kecamatan, dimana 6 kecamatan diantaranya terletak di Pulau Siau, 3 Kecamatan di Pulau Tagulandang dan 1 Kecamatan di Pulau Biaro. Adapun sejumlah kecamatan yang terletak di Pulau Siau, yakni Kecamatan Siau Timur, Siau Timur Selatan, Siau Barat, Siau Barat Selatan, Siau Tengah, dan Kecamatan Siau Barat Utara. Sedangkan kecamatan di Pulau Tagulandang adalah Kecamatan Tagulandang, Tagulandang Utara, dan Kecamatan Tagulandang Selatan. Dan di Pulau Biaro terdapat Kecamatan Biaro. Sedangkan jumlah Kampung dan Kelurahan sebanyak 80 kampung dan 4 Kelurahan.

Dalam perencanaan ke depan sehubungan dengan pertambahan jumlah penduduk, kompleksitas permasalahan kemasyarakatan dan terutama untuk mendekatkan pelayanan publik ke seluruh lapisan masyarakat, akan dilakukan pemekaran kampung / kelurahan dan kecamatan. Beberapa kecamatan yang berpeluang untuk dimekarkan atau menjadi kecamatan baru, yakni Kampung di Pulau Makalehi, Kampung di Pulau Buhias, Pulau Pahepa, Pulau Tapile, dan Pulau Matole, serta Kampung Bukide, Apelawo, dan Kampung Lia (sekarang bagian dari wilayah Kecamatan Siau Timur). Dengan demikian, ke depan, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro berpeluang untuk bertambah 3 (tiga) kecamatan baru.

Posting terkait:

Kab. Sitaro Sebagai Daerah Kepulauan

Kab. Sitaro Sebagai Daerah Rawan Bencana Alam

Kab. Kepl. Sitaro Sebagai Daerah Perbatasan dan Daerah Tertinggal