Tag

, , , , , , , ,

Hantaman Ombak

Kabupaten Kepualuan Siau Tagulandang Biaro dikatakan sebagai daerah rawan bencana, karena:

       Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro memiliki sejumlah kawasan dan merupakan gugusan pulau-pulau yang terletak pada rangkaian alur gunung api (sirkum Pasifik) dan membentuk struktur tanah yang labil di sejumlah wilayah. Intensitas letusan gunung api terutama Gunung Api Karangetang di Pulau Siau dan Gunung Api Ruang di Pulau Ruang gugusan kepulauan Tagulandang, telah menyebabkan frekuensi gempa bumi yang relatif tinggi dan berpotensi menghadirkan bahaya tanah longsor dan patahan serta runtuhan kawasan. Apalagi Gunung Api Karangetang sudah dikenal dengan julukannya ” The Real Volcano ” karena tingkat keaktifannya yang tidak pernah berhenti.


2)  Keberadaan wilayah perairan laut yang dominan juga telah menciptakan peluang yang lebih besar bagi hadirnya bencana alam akibat hantaman badai dan angin puting beliung yang berpotensi meluluhlantakan berbagai fasilitas publik, permukiman penduduk, areal perkebunan dan pertanian, bahkan nyawa manusia.

3)   Keberadaan sejumlah ruas jalan raya yang melewati kawasan-kawasan dengan struktur tanah yang labih, sehingga sangat berpotensi dan rawan bencana seperti tanah longsor. Tidak sedikit ruas jalan yang sering mengalami kerusakan akibat longsoran tanah yang tidak terelakkan, apalagi di musim hujan.

4)   Beralihnya fungsi sejumlah lahan pertanian menjadi permukiman penduduk telah mengurangempati daya dukung dan keseimbangan lingkungan alam sekitar serta memperbesar peluang terjadinya bencara tanah longsor yang kerap kali menelan korban harta benda bahkan nyama manusia.

5)   Pada beberapa titik tertentu terutama di daerah aliran sungai yang biasanya menjadi tempat aliran air dan material dari puncak gunung, namun karena tidak ada pilihan lain telah mengharuskan pembangunan sejumlah unit jembatan, yang pada akhirnya rawan bencana alam seperti banjir dan longsoran.

6)   Bahaya abrasi pantai sebagai akibat semakin punahnya hutan bakau dan tanaman lainnya yang menjadi pelindung pesisir pantai telah menjamin ancaman serius bagi keberadaan sejumlah warga yang bermukim disejumlah wilayah pesisir pantai yang terhampar di beberapa pulau sepanjang wilayah Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

 

Artikel terkait:

Kab. Sitaro Sebagai Daerah Kepulauan

Kondisi Geografis Kab. Kepl. Sitaro

Kab. Kepl. Sitaro Sebagai Daerah Perbatasan dan Daerah Tertinggal