Tag

Untuk menjangkau Pulau Siau dari Kota Manado, hanya tersedia satu jalan: Transportasi Laut. Harus diakui, hal ini merupakan salah satu penghambat perkembangan pembangunan yang ada di Kab. Kepl. Sitaro. Tapi apa mau dikata, hanya melalui lautlah kita dapat mencapai Pulau Siau.

Keberadaan Kapal Motor yang melayari rute Siau-Manado sungguh sangat membantu arus penyeberangan antar pulau tersebut. Sebab, sebagaimana yang terjadi, penduduk Siau sangat tergantung dengan suplai kebutuhan pokok dari Manado. Hampir 95% kebutuhan pokok sehari-hari seperti Makanan, Pakaian dan sebagainya disuplai dari Manado. Saat sekarang rute laut dari Manado ke Siau dilayani dalam 3 kali seminggu. Terdapat 2 Kapal Motor yang bergantian berangkat sore dan satu Kapal Motor Cepat yang berangkat pagi. Jika Anda berkeinginan untuk ke Siau, silahkan memilih diantara hari Senin, Rabu dan Jumat. Untuk Kapal Motor yang berangkat sore, waktu tempuhnya berkisar 7-8 jam. Jadi siap-siap untuk turun di Dermaga Pelabuhan Ulu Siau menjelang subuh. Kalau memilih naik Kapal Motor Cepat, Express Bahari anda harus sudah stand by di Pelabuhan Manado pada pukul 9 pagi, karena kapal ini berangkat tepat pukul 10. Waktu tempuhnya memang cepat, sudah termasuk singgah di Pulau Tagulandang, Siau dapat ditempuh antar 3,5 – 4 jam dari Pelabuhan Manado.

Untuk Balik ke Manado Anda dapat memilih diantara hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Jadi kalau Anda berangkat sore dari Manado pada hari Senin dengan KM. Margareth misalnya, maka Anda bisa langsung balik ke Manado pada esok harinya dengan kapal yang sama. Selain KM. Margareth terdapat juga KM. Ave Maria dan KM. Queen Marry yang berganting ship melayari rute tersebut. Disamping itu juga ada kapal yang melayani rute Siau-Bitung seperti KM. Karya Baru dan KM. Valentine. Hanya saja kedua kapal tersebut masih berupa kapal kayu. Jika anda menginginkan berlayar dengan layanan dari Pelni, maka siap-siap untuk menunggu selama 2 minggu. Karena KM. Sangiang yang melayari pulau-pulau yang ada di Satas dan Ternate hanya mampir di Siau 2 minggu sekali. Dan kalau mau juga, silahkan menumpang kapal fery dari Bitung, tapi anda harus bersabar menunggu jadwal keberangkatannya yang tidak menentu, tergantung muatannya.

Buapti, Toni Supit dalam setiap kampanyenya lalu menjanjikan adanya pelayarran setiap hari dari dan ke Siau. Semoga janji ini bisa dipenuhi sehingga, untuk urusan yang sangat mendesak, akses ke Siau tidak lagi harus menunggu pemberangkatan yang hanya 3 kali dalam seminggu. Dengan demikian, orang siau tidak harus membaca koran lokal dari Manado, 3 edisi dalam satu hari.