Tag

Anda mau tahu darimana tulisan-tulisan ini saya posting?. Semuanya dari Manado. Ya, walaupun blog ini dibangun untuk informasi Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, tapi semuanya saya posting melalui akses internet yang ada di Manado. Hal ini bukan karena saya lebih banyak di Manado, tetapi Anda harus maklumi, Kab. Kepl. Sitaro belum terjangkau fasilitas akses internet. Bayangkan, di era digital dan penetrasi informasi teknologi saat sekarang yang semakin impresif ini, Kab. Kepl. Sitaro yang hanya berjarak 8 jam perjalan laut dari Manado belum tersedia akses internet.

Bukankah di Siatro sudah ada jaringan komunikasi selular?. Ya!. Tetapi anda juga mungkin setuju dengan saya, betapa mahalnya menggunakan akses internet via phone, apalagi dengan kondisi signal yang tidak stabil. Indosat saja hanya ada di Ulu. Telkomsel memang sudah menjangkau luas Pulau Siau, tapi jangan harao semua kampung bisa terdapat signalnya. Di Kapeta, Kec. Siau Barat Selatan, HP saya mesti harus digantung di jendela untuk bisa mendapat signal. Jadi kalau menerima telepon, harus speaker on, sebab bergerak sedikit dari tempatnya, signal lagsung terbang. Bagaimana mengakses internet dengan lancar pada kondisi demikian?

Berharap pada Telkom dengan PSTN. Silahkan ke Ulu, sebab hanya disana ada akses telepon tetap. Tapi siap-siap harus dongkol, karena bandwitchnya berjalan bak siput. Namun, kondisi ini tidak menyurutkan saya untuk tetap mengonlinekan sitaro.wordpress.com. Suatu saat, pasti ada fajar cerah menyingsing di Pulau Siau, membawa khabar baik, akses internet telah tersedia walau dengan kecapatan yang sangat standar. Sehingga, segala potensi yang dimiliki pulau nirwana nan eksostis itu bisa diketahui semua orang. Siapa berminat berinvestasi?