Tag

, , , , ,

Picture style merupakan preset yang disediakan olah Canon pada camera digitalnya. Preset picture style ini adalah settingan dari paramater yang disesuiakan dengan kondisi waktu pemotretan. Pada Canon DSLR, terdapat beberapa picture style yang telah diatur settingannya, misalnya pada Canon 1000D (karena saya memakai seri ini) terdapat settingan Standard, Portrait, Landscape, Neutral, Faithful dan Monochrome.

Picture Style Portrait misal digunakan jika kita ingin mendapatkan kulit model tampil lebih warm. Landscape jika ingin memotret pemandangan dengan menonjolkan tone hijaunya. Faithful dipakai untuk menampilkan warna yang menyamai apa yang dilihat mata, dan Monochrome jika kita ingin mendapatkan BW style (foto hitam putih).

Disamping 6 preset picture style diatas, Canon masih menyediakan 3 slot picture style (dinamakan User Def. 1, 2 dan 3). Slot ini disediakan untuk kita isi dengan picture style sesuai dengan sebaran tone yang kita inginkan. Disinilah kebebasan kreatif kita memberi definisi paramater terhadap tone color yang kita inginkan.

Terdapat ratusan picture style tersebar di internet yang siap anda download dan masukan ke 3 slot yang tersedia. Kevin Wang merupakan salah satu pungawa dalam meracik settingan picture style, anda dapat mengexplore hasil-hasilnya di blog pribadinya: http://tinyurl.com/yd8mpx6

Contoh hasil dari capturing menggunakan picture style IBOv.Hard2:

IMG_6206

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IMG_6197

Foto diambil sewaktu MASH3 (Manado Street Hunting), lokasi Kolam di depan Bahu Mall.

Hasil tersebut murni hasil capture dengan picture style tanpa olahan apapun di software, kecuali resize dan watermark.

Ini merupakan hasil dari Japanese Picture Style:

IMG_5757

Foto diambil di Desa Rurukan Tomohon, model: Jennifer Loho.

Untuk mengupload picture style ke DLSR Camera Canon, anda harus terlebih dahulu menginstal EOS Utility, minimal versi 2,6 keatas. Silahkan download EOS utilitynya disini, http://tinyurl.com/29n5ftn

Dan berikut langkah-langkah menguploadnya ke camera anda.

  1. Install EOS Utility yang di download tadi. (Versi Windows)
  2. Sediakan picture style yang anda inginkan. Dalam tutorial ini saya menggunakan IBOv.Hard2 yang sering juga dinamai sebagai Tong Gosong Style. Filenya dapat di download disini, http://tinyurl.com/24dfvw9
  3. Sambungkan camera anda melalui kabel USB, nyalakan camera dan tunggu sampai windows mengenalinya.
  4. Jalankan EOS Utility 
    1
  5. Pilih Camera setting/Remote Shooting.
  6. Pilih Simbol Camera pada window yang terbuka. Lalu pilih Register User Defined Styles, lihat gambar berikut:
     Logo Camera Register Definid
  7. Pilih slot mana yang anda akan isikan picture stylenya, tersedia tiga slot User Def. Kita coba isikan ke slot pertama. Berarti kita pilih User Def. 1
    OpenSimbol
  8. Kemudian pilih Picture Style dari folder tempat anda menyimpan hasil download tadi.
    4
  9. Klik Open, kemudian OK.
  10. Picture Style yang anda inginkan kini sudah berada dalam camera anda. Sebelum anda mematikan camera, anda masih dapat mengutak-atik settingan parameternya (Sharpness, Cintrass, Saturation dan Color Tone) lebih jauh sesuka anda.
  11. parameter parameter-2

    Setelah anda yakin mendapatkan settingan yang pas. Matikan Camera. Cabut kabel USBnya dan anda sudah dapat memotret dengan Picture Style baru.
    Cara yang sama digunakan untuk mengisi slot yang masih tersedia.
    Lewati langkah ke-10, untuk mencoba setting picture style sebagaimana yang anda donwload.
    Silahkan unggah file picture style lainnya disini http://www.mediafire.com/?gzlm3zlnnzi, terdapat puluhan settingan siap pakai. (Jika terdapat simbol-simbol aneh pada nama filenya, ganti saja dengan huruf  latin, agar camera anda dapat mengenalinya)
    Semoga tutorial ini membantu. Selamat bereksperimen.
    (Tutorial ini merupakan tulisan asli saya. bukan copy paste dari tulisan lain, kecuali beberapa screen shoot EOS Utility diatas, yg diambil dari website resmi Canon. Tks for Mr. Andreas Tommie yg sudah meracuni saya dengan Tong Gosong).
About these ads