Tag

, , , , ,

Prasarana Pendidikan yang memprihatinkanAdanya 1 (satu) pulau terluar yakni Pulau Makalehi yang secara geografis letaknya langsung berhadapan di sebelah barat dengan wilayah perairan Malaysia Timur (Sabah), dan di sebelah utara dengan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina. Hal ini berdampak kepada munculnya berbagai kerawanan yang memerlukan perhatian khusus di bidang Pertahanan dan Keamanan, dan sebagainya.

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro juga masih tergolong sebagai daerah tertinggal, sekalipun terdapat sejumlah potensi sumber daya alam yang menjadi komoditas andalan daerah ini di pasaran lokal, regional, bahkan nasional dan internasional. Hal ini banyak disebabkan tingkat aksesibilitas terhadap berbagai produk teknologi komunikasi dan informasi yang sangat terbatas sebagai konsekuensi logis eksistensi daerah ini sebagai daerah kepulauan dan memiliki jarak tempuh yang cukup jauh dari Pusat Ibukota Propinsi Sulawesi Utara.

Keterbatasan fasilitas transportasi, telekomunikasi dan informasi telah menciptakan keterisolasian sejumlah permukiman penduduk di pulau-pulau dan wilayah tertentu yang sulit dijangkau. Ekonomi biaya tinggi (high cost economy) merupakan sesuatu yang sudah melekat bahkan inheren dengan keberadaan masyarakat di daerah ini, terutama dalam konteks roda perekonomian yang menghambat arus gerak faktor-faktor produksi sehingga tingkat pendapatan masyarakat cenderung rendah dan berdampak secara langsung terhadap kualitas hidup masyarakatnya yang rentan terhadap berbagai kondisi ekonomi.

 

Posting terkait:

Kondisi Geografis Kab. Kepl. Sitaro

Kab. Sitaro Sebagai Daerah Kepulauan

Kab. Kepl. Sitaro Sebagai Daerah Rawan Bencana Alam

About these ads