Tag

Kantor Bupati Sitaro

Harus diakui sebuah gedung kantor yang representatif merupakan cerminan dari penghuni di dalamnya. Terlebih lagi bagi sebuah pemerintah daerah, keberadaan gedung kantor dengan segala fasilitasnya merupakan syarat mutlak bagi roda pemerintahan. Sebab dari sebuah Gedung Kantor Bupati-lah seluruh dinamika pemerintahan kabupaten digerakkan. Demikian pula halnya dengan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yang merupakan satu dari tiga kabupaten baru di Provinsi Sulawesi Utara yang dimekarkan pada tahun 2007, memiliki sebuah kantor bupati merupakan salah satu keharusan.

Investasi7

Namun sayang, gedung kantor bupati yang telah dibangun jauh hari sebelum terbentuknya Kab. Kepl. Sitaro, penyelesaiannya tidak dapat memenuhi tengat waktu. Pemda Sangihe yang bertanggungjawab terhadap pembangunan gedung kantor tersebut tidak bisa mengupayakan gedung tersebut ditempati ketika Sekretariat Daerah Kab. Kepl. Sitaro terbentuk.

Akibatnya, Pemda Sitaro harus mencari alternatif sebagai pengganti gedung sementara. Beruntunglah di Ondong yang merupakan ibukota kabupaten telah berdiri sebuah gedung yang bisa memenuhi syarat untuk ditempati. Gedung Resort GMIST Siau Barat, yang diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Utara pada tahun 2006 sebagai tempat pelaksanaan Sidang Sinode GMIST 2006 menjadi satu-satunya pilihan gedung yang bisa ditempati. Dan dengan ketulusan dan kebaikan hati Resort GMIST Siau Barat, Pemda Sitaro dapat lega dengan menyewa gedung yang bisa dikatakan paling mewah di Pulau Siau saat ini.

Inilah Kantor Bupati pertama di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Tempat banyak peristiwa monumental pertama kali terjadi dalam roda Pemerintahan Sitaro. Pengangkatan pejabat pertama, apel korpri pertama, pelaksanaan prosesi perayaan kemerdekaan RI pertama, pelaksanaan ujian CPNS pertama, dan sebagainya. Gedung dengan 2 lantai ini, walau hanya disewa telah menjadi bagian sejarah dari perjalanan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Walau terkesan lambat, namun pembangunan Kantor Bupati yang sebenarnya tetap diupayakan. Memang terkesan kontraktor pelaksana pembangunan lambat menyelesaikan kewajibannya, tak urung Gubenur Sulawesi Utara menegur kontraktor ketika menyempatkan diri melihat perkembangan pembangunannya ketika melakukan Safari Natal pada Desember 2007. Kantor Bupati baru ini, berlokasi juga di Ondong sebagai ibukota kabupaten, tidak jauh dari Kantor Bupati sekarang yang masih disewa.

Terlepas dari status sewa Kantor Bupati sekarang, saya berkesempatan mengabadikan gedung yang merupakan “markas pertama” Sekretariat Kab. Kepl. Sitaro ini. Untuk menampilkan kesan wibawa dan keagungannya saya sengaja memilih waktu sore hari, karena memang gedung ini menghadap ke arah matahari terbenam. Karena sudut pengambilan yang sempit saya harus mengambil posisi ke samping kanan gedung. Mengatur parameter DSLR Olympus E500 saya ke setting: f/4.5 dengan exposure 1/50 det pada ISO-100 dengan focal lenght 144mm tanpa menyalakan flash, dengan sedikit menaikan saturasi saya menekan tombol shutter dalam posisi tiarap dan menengadahkan camera keatas. Hasilnya, Kantor Bupati Kab. Kepl. Sitaro yang disewa itu kelihatan agung dan berwibawa.

Kantor Bupati baru yang dalam tahap penyelesaian:

About these ads